Untung Satu Hari Hingga Rp2,15 Miliar dari NFT

  • Bagikan

Baru-baru ini terdapat satu orang biasa yang mendapatkan keuntungan sekitar Rp2,15 Miliar hanya dari satu Non-Fungible Token (NFT).

Dikabarkan bahwa orang tersebut membeli NFT dari seniman terkenal melalui salah satu karya seninya dan mendapatkan keuntungan tersebut hanya dalam satu hari.

Untung Rp2,15 Miliar dari Satu NFT

Identitas orang tersebut masih belum diketahui hingga saat ini namun kabarnya sudah beredar di pasar crypto.

Individu tersebut dikabarkan membeli NFT dari salah satu seniman terkenal di Amerika bernama Mike Winklemann atau biasa disebut dengan Beeple.

Beeple menjalankan sebuah proyek seni bernama “Everyday: The First 5000 Days” .

Ia membuat satu karya seni dengan satu publikasi per hari hingga mencapai 5.000 karya seni.

Baca juga: Karya Seni Beeple Pecahkan Rekor Harga Token NFT Termahal di Dunia

Proyek tersebut dikabarkan dimulai pada 1 Mei 2007 dan terus berjalan selama 13 Tahun dan 6 Bulan.

Saat ini karyanya telah selesai dan ia telah mencapai 5.000 karya seni dimana seni tersebut dijadikan Token NFT.

Hasil Karya Beeple Berjudul “Everyday: The First 5000 Days

NFT tersebut resmi di perdagangkan pada platform Christie’s, platform yang dibentuk oleh perusahaan lelang dengan kantor pusat di Inggris dan Amerika.

Perdagangan NFT tersebut dilakukan dengan lelang dan penjualan dimana transaksi terjadi sejak 25 Februari 2021 hingga 11 Maret 2021.

Christie’s menjadi perusahaan lelang pertama yang membuka ranah untuk lelang barang digital yaitu melalui lelang NFT ini.

Satu individu telah memanfaatkan kesempatan ini, dengan membeli seninya senilai $1 atau sekitar Rp14.000.

Esok harinya, individu tersebut mendapatkan keuntungan sebesar Rp2,15 Miliar setelah melakukan penjualan kembali terhadap NFT tersebut.

Non-Fungible Token Menjadi Fenomena Baru

Individu tersebut bukan satu-satunya pihak yang diuntungkan akibat seniman itu sendiri juga mendapatkan keuntungan dari karya seninya.

Beeple dikabarkan telah berhasil mendapatkan sekitar $6,6 Juta atau Rp94,8 Miliar hingga saat ini berkat karya seninya.

Baca juga: Yuk! Mengenal Token NFT

Fenomena ini juga menjadi bukti nyata bahwa NFT telah berhasil menarik perhatian mayoritas pasar serta dunia seni rupa dan musik.

Hal ini disebabkan mulai banyaknya seniman yang memanfaatkan penjualan karya seninya melalui NFT termasuk band Kings of Leon yang akan mengeluarkan albumnya melalui NFT.

Beberapa NFT ini sudah terjual hingga Triliunan Rupiah yang membuktikan bahwa fenomena ini benar-benar nyata.

Mayoritas seni yang terjual juga merupakan seni-seni seperti lelucon melalui kartun, karikatur, dan juga beberapa foto tokoh seperti atlit olahraga.

Fenomena ini juga sudah menarik perhatian Mark Cuban, salah satu miliuner di Amerika dan investor besar di dunia bisnis.

Namun ia menyatakan bahwa investor harus berhati-hati akibat pergerakannya yang saat ini terlalu cepat walau masih sangat mendukung NFT.

Selain itu National Basketball Association (NBA) liga basket di Amerika juga telah memanfaatkan NFT dengan menjual beberapa yang menggambarkan pemain basket terkenal.

NBA telah berhasil meraih Rp3,3 Triliun dalam volume transaksi NFT dari penerbitan terakhirnya, yang saat ini menjadi NFT paling tenar.

Oleh karena itu, saat ini terdapat kesempatan baru untuk investor melirik ke ranah NFT akibat sudah banyaknya bukti nyata keuntungan dari NFT.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *