Thailand Akhirnya Mulai Vaksinasi Covid-19 Hari Ini

  • Bagikan

Jakarta, Oleh Kabar – Thailand memulai kampanye inokulasi Covid-19 pada hari ini, Minggu (28/02/2021), dengan menteri kabinet, pejabat kesehatan dan profesional medis sebagai pihak pertama yang menerima vaksinasi.

Dosis pertama vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech China diberikan kepada Wakil Perdana Menteri Anutin Charnvirakul, yang juga merupakan Menteri Kesehatan.

“Saya berharap vaksinasi ini akan membuat orang aman dari penyebaran Covid-19 dan memungkinkan Thailand kembali normal secepat mungkin,” kata Anutin, dilansir dari Reuters, Minggu (28/02/2021).


Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha (66) juga menghadiri acara tersebut, namun tidak menerima suntikan vaksin, karena di luar batasan umur 18-59 tahun.

Thailand sendiri telah menerima 200.000 dosis pertama vaksin Sinovac dari Cina dan 117.00 dosis impor vaksin AstraZeneca pekan ini. Vaksin CoronaVac telah didistribusikan ke 13 provinsi dengan risiko tinggi, dan mulai disuntikkan pada tenaga kesehatan dan relawan garis depan pada Minggu.

Sementara itu, vaksin AstraZeneca akan siap digunakan pada minggu kedua Maret, setelah melalui uji kendali mutu, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. Thailand diperkirakan akan menerima pengiriman 1,8 juta dosis CoronaVac berikutnya pada Maret dan April 2021.

Adapun kampanye massal untuk memberikan 10 juta dosis sebulan akan dimulai pada bulan Juni, dengan 61 juta suntikan vaksin AstraZeneca diproduksi oleh perusahaan lokal Siam Bioscience. Dengan penghitungan lebih dari 25.000 infeksi, Thailand telah lolos dari dampak yang diderita oleh beberapa negara lain sejak pandemi dimulai tahun lalu.

[Gambas:Video OlehKabar.com]

(wia)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *