Siapkan BMT, LPNU Kota Tarakan Gelar Pelatihan Koperasi

  • Bagikan

Tarakan, NU Online

Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kota Tarakan melakukan sosialisasi bidang koperasi kepada masyarakat, Ahad (21/2). Acara diadakan di Kantor NU Care-LAZISNU Kota Tarakan. Turut hadir sebagai narasumber yaitu dari dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Tarakan dan PT Pegadaian Area Tarakan. 

 

Acara sosialisasi ini juga dihadiri oleh Camat Tarakan Tengah, Banom NU, Lembaga-Lembaga NU, dan seluruh MWCNU yang berada di Kota Tarakan.

 

KH Abd Samad, Ketua PCNU Tarakan menekankan bahwa segala kegiatan yang dapat membangkitkan perekonomian Nadhyiin harus selalu didukung. Pasalnya gerakan ekonomi tersebut dapat memberikan kesejahteraan melalui kemandirian ekonomi bagi jamaahnya.

 

“Spirit gerakan Nahdlatut Tujjar harus seiring dengan gerakan Nadhlatul Wathan (gerakan Cinta Tanah Air). Hal ini bertujuan untuk menampung ide, permasalahan ekonomi yang dihadapi Nadhyin yang selanjutnya dicari solusi bersama. Sehingga LPNU ini yang nanti menjadi wadah berkumpulnya pengusaha-pengusaha NU yang menjadi cikal bakal bajunya kemandirian NU di Kota Tarakan,” ujarnya.


Sekertaris LPNU Kota Tarakan, Ahmad Raziqin mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja LPNU Kota Tarakan dengan melakukan sosialisasi koperasi. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lengkap terkait pendirian koperasi atau Baitul Maal Wa Tanwil (BMT), sehingga literasi berkaitan tentang syarat pendirian koperasi dan BMT diketahui, nantinya memudahkan kelengkapan persyaratan pendirian BMT tersebut.

 

Lebih lanjut Ahmad Raziqin menyampaikan tujuan dari pembentukan Baitul Maal Wa Tanwil (BMT) sebagai badan usaha agar dapat membantu kebutuhan permodalan bagi Nahdliyin yang ada di Kota Tarakan. Hal tersebut sangat penting, karena permasalahan utama dalam masyarakat adalah aspek permodalan.

 

“Besar harapan dengan hadirnya nanti BMT yang kami dirikan maka dapat menjadi solusi atas permasalahan permodalan yang dihadapi masyarakat khususnya Nahdliyin yang ada di Kota Tarakan,” ujarnya.


Selain pembentukan BMT program LPNU Kota Tarakan juga melakukan pendataan atas jumlah pengusaha yang ada di Tarakan, menciptakan pengusaha-pengusaha baru, membuat kelompok usaha mandiri serta kemitraan dengan melakukan kerja sama dengan instansi dan lembaga baik swasta maupun pemerintah dan perusahaan.

 

“Semua program tersebut bertujuan untuk kejayaan NU di Tarakan dalam bidang ekonomi,” kara Sekretaris LPNU Kota Tarakan.

 

Kontributor: Fahmi Syam

Editor: Kendi Setiawan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *