Renault R5 lahir kembali dalam versi modern

  • Bagikan
banner 468x60
Jakarta (OLEHKABAR) – Produsen otomotif Prancis Renault kembali menghadirkan mobil legendarisnya R5 dalam versi modern, Renault 5 2021, meskipun masih dalam bentuk prototipe.

Nicolas Jardin, desainer eksterior prototipe ini, menjelaskan bagaimana dia menafsirkan kembali tampilan terkenal Renault 5 asli dengan cara modern. “Penampilannya yang nakal adalah bagian dari warisan kami dan prototipe Renault 5 yang diluncurkan pada bulan Januari tidak dapat menyangkal leluhurnya.”

“Ah, R5! Semua orang tahu penampilannya yang nakal dan memberontak yang dengan cepat menjadi sekultus mobil itu sendiri. Pada awal 1972, tahun peluncurannya, Renault mempersonifikasikan tampilan ini dalam Les aventures de Supercar, kartun periklanan terkenal,” kata Nicolas Jardin, dikutip Minggu.

Baca juga: Renault EZ-1, mobil mini 95 persen materialnya bisa didaur ulang

Baca juga: Renault akan hidupkan kendaraan era 60-an jadi mobil listrik

Penampilan simbol dan pengetahuan inilah yang ingin direproduksi Nicolas Jardin pada Prototipe Renault 5. Sambil mendorongnya ke masa depan.

Dari tampilan kultus hingga penafsiran ulang

Prototipe Renault 5, yang diluncurkan pada 14 Januari dan yang menggambarkan model listrik masa depan yang akan menjadi pewaris R5.

Harus dikatakan bahwa para perancangnya dengan cemerlang menafsirkan ulang gaya asli versi 1972. Tanpa retro, prototipe menampilkan gen yang langsung dikenali dari leluhurnya.

 

Renault 5 SL dan Renault 5 Prototype 2021. (OLEHKABAR/Renault)

Dari jantung Technocentre, situs tempat konsep dan model Groupe Renault dikembangkan, Nicolas Jardin mengungkapkan asal mula proyek ini. Pekerjaan pada prototipe bukanlah subjek bebas. Ini adalah karya reinterpretasi dari R5 dan proyeksinya ke masa depan, untuk menjadikannya objek modern.

Untuk mendesain ulang lampu depan yang nakal dan lampu daytime running, “semuanya dimulai dari garis, sudut, dan jari-jari elemen depan R5 asli.” Kemudian, selama sketsa, lampu depan menjadi sangat berbeda dalam proporsinya”

Versi terakhir mereka, sangat berhasil, sangat dipahat, membangkitkan tawa, mata yang sedikit keriput. Sedangkan untuk lampu daytime running, berbentuk persegi panjang di bagian bawah, mengingatkan pada lampu kabut tambahan pada saat itu, mereka cocok dengan bumper dalam warna bodi, seperti aslinya,” kata Jardin.

Akhirnya, proses ultra-modern telah mengambil alih untuk menemukan kembali tampilan ikonik R5. Terutama teknologi matriks LED yang memungkinkan integrasi gerakan dengan animasi pemrograman untuk menghidupkan lampu depan.

Ini diilustrasikan dengan logo baru mobil yang menyala dan memicu animasi yang meluas ke gril depan, kemudian lampu depan menyala seolah-olah mobil berkedip.

“Berkat teknologi matriks dan animasi, kami dapat menciptakan kembali ekspresi dan kenakalan dari tampilan mobil asli.”

“Untuk menjadi pewaris yang layak untuk R5, mobil harus menjadi ekspresif dan hidup. Kami telah berhasil dalam prestasi ini dengan prototipe ini, sebuah objek nyata dari desain modern, yang mewujudkan Renault ‘joie de vivre’,” kata Nicolas Jardin menyimpulkan.

Baca juga: Setelah meluncur di India, Renault Kiger siap mengaspal di Indonesia

Baca juga: New Renault Koleos kini dilengkapi kursi pijat

Baca juga: Callum pensiun, Ford tunjuk desainer dari Renault

Pewarta: S026
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © OLEHKABAR 2021

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *