Relawan NU Peduli Bantu Warga Terdampak Banjir Jakarta Tanpa Disuruh

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta, NU Online

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta KH Syamsul Maarif mengaku bersyukur bahwa relawan NU Peduli sama sekali tidak dikomando dalam upaya melakukan aksi kemanusiaan serta melayani warga terdampak banjir.

 

“Secara umum, semua (relawan NU Peduli) melakukan upaya (membantu warga). Saya bersyukur sekali, tanpa dikomandi (mereka) sudah otomatis turun,” ungkap Kiai Syamsul saat dihubungi NU Online melalui sambungan telepon, pada Ahad (21/2) siang.

 

NU DKI Jakarta pun melakukan kerja sama dengan kapolres-kapolres di semua daerah untuk turun dan ikut memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir. Selain itu, ia menuturkan bahwa dari lima wilayah kota administrasi, hanya Walikota Jakarta Utara saja yang bersedia diajak kerja sama untuk membantu memberikan bantuan. 

 

“Alhamdulillah kami bekerja sama dengan para kapolres untuk ikut memberikan bantuan. Walikota hanya Jakarta Utara saja, karena yang lain sudah saya coba (hubungi) diam. Kalau kemarin Walikota Jakut, begitu saya WA, langsung siap dimana yang harus saya kirim? Di Penjaringan, langsung dikirim di sana,” terang Kiai Syamsul.

 

Ia mengungkapkan, terdapat beberapa hal yang dilakukan NU Peduli Banjir Jakarta. Pertama, melakukan proses evakuasi bagi korban banjir yang sulit untuk keluar dari rumah. Dalam hal ini, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) langsung yang melakukan perbantuan proses evakuasi warga.

 

“Itu kami menggerakkan Banser untuk membantu warga di wilayah yang terendam banjir cukup parah. Di daerah Halim Perdanakusumah (Jakarta Timur) ada beberapa titik yang parah. Kemudian di bilangan Karet, Jakarta Pusat, serta di Pesanggrahan, Jakarta Selatan,” tuturnya.

 

“Bahkan bagi yang tidak mau dievakuasi kami kirim paket nasi bungkus dan sembako. Jadi beberapa titik ada dapur dan menyediakan masak di situ,” lanjut Kiai Syamsul.

 

Banser turun ke lapangan

Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Barisan Ansor Serbaguna DKI Jakarta bersama dengan Satkorcab Banser Jakarta Selatan membantu evakuasi korban banjir. Tak hanya itu, Relawan Banser pada banjir di Jakarta juga membagikan makser kepada para pengungsi di Kemang Utara, Duren 3 Pancoran, Jakarta Selatan, pada Sabtu (20/2) malam. Berbagai kegiatan atau aksi kemanusiaan Banser itu diunggah melalui akun Instagram resmi PP GP Ansor.

 

Ahad (21/2) pagi tadi, terdapat unggahan foto giat Banser dalam kebencanaan di Jakarta. GP Ansor Jakarta Pusat serta Banser Tanah Abang bersama Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) atau Pasukan Oranye melakukan operasi sisir sampah pasca-banjir, pada Sabtu kemarin. Giat ini juga sekaligus untuk bersiaga terhadap banjir di keesokan hari dan mencegah sumbatan air di jalanan.

 

Di unggahan akun Instagram GP Ansor yang terbaru, terlihat Ansor-Banser Jakarta Pusat melakukan kegiatan saling bantu untuk atasi bencana. Hal tersebut dilakukan bersama NU Peduli dan Gods Favor Mansion. 

 

“Menghadapi bencana ini kuncinya adalah kerja sama. Apa yang PC GP Ansor Jakarta Pusat lakukan akan bertemu dengan giat yang sama. Bertemu sahabat-sahabat dari NU Care dan Gods Favor Mansion dan saling bantu untuk atasi bencana,” demikian keterangan foto dari unggahan paling terbaru di akun resmi Instagram GP Ansor.

 

PP GP Ansor juga masih membuka atau menggalang donasi melalui platform Kitabisa. Kepada yang hendak menyisihkan hartanya untuk membantu warga terdampak banjir, silakan mengklik tautan https://kitabisa.com/dapurumumbanser. 

 

Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Kendi Setiawan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *