Presiden Jokowi lantik gubernur-wakil gubernur Bengkulu 2021-2024

  • Bagikan
Jakarta (OLEHKABAR) – Presiden Joko Widodo melantik Rohidin Mersyah dan Rosjhonsyah sebagai gubernur dan wakil gubernur Bengkulu periode 2021-2024.

Kedua orang pemimpin itu mengenakan baju dinas gubernur warna putih, masker dan pelindung wajah ketika mengucapkan sumpah jabatan dengan dibimbing Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” kata Mersyah dan Rosjhonsyah saat mengucapkan sumpah jabatan di Istana Negara Jakarta, Kamis.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik gubernur-wakil gubernur Kepulauan Riau

Sebelum mengucapkan sumpah jabatan, keduanya terlebih dahulu menerima surat Keputusan Presiden Nomor 40 P/2021 tertanggal 24 Februari 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gub Sumatera Barat, Kepulauan Riau dan Bengkulu masa jabatan 2021-2024 di Istana Merdeka.

Pelantikan dihadiri undangan terbatas antara lain Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, serta pejabat terkait lain.

Dari Istana Merdeka, Jokowi, Ma’ruf, Karnavian, para gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu melakukan kirab sederhana menuju Istana Negara bersama dengan paspampres dengan tetap menjaga jarak satu sama lain.

Baca juga: Hari ini Sumatera Barat resmi miliki gubernur baru

Setelah mengucapkan janji jabatan, pasangan gubernur dan wakil gubernur melakukan foto bersama dan menerima ucapan selamat dari Jokowi dan Ma’ruf dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker.

KPUD Provinsi Bengkulu menetapkan pasangan Mersyah dan Rosjhonsyah sebagai pemenang pilkada serentak 2020 setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan menolak gugatan sengketa pilkada pasangan nomor urut 3, Agusrim dan Imron Rosyadi.

Mersyah dan Rosjhonsyah (nomor urut 2) memperoleh suara sebesar 418.080 atau 41,20 persen, mengungguli dua pasangan lain, yaitu Helmi Hasan-Muslihan dan Agusrin M Najamudin dan Imron Rosyadi.

Sedangkan paslon Helmi Hasan-Muslihan DS mendapat dukungan dari pemilih sebanyak 328.364 suara atau 32,36 persen, dan Agusrin Maryono Najamudin- Imron Rosyadi mendapat dukungan sebanyak 268.316 atau 26,44 persen. Total suara yang sah di Bengkulu mencapai 1,1 juta pemilih.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © OLEHKABAR 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *