Peretas menyelinap ke 30.000 perangkat Mac

  • Bagikan
Jakarta (OLEHKABAR) – Ada stereotip yang menyebutkan bahwa komputer Apple sebagian besar kebal terhadap malware, namun kabar terbaru menyebutkan bahwa peretas canggih berhasil menyelinap menyusupkan malware tidur di perangkat Mac.

Peneliti keamanan di Malwarebytes dan Red Canary, dikutip The Verge, Senin, menemukan malware misterius yang bersembunyi di hampir 30.000 Mac, salah satunya dirancang untuk mengirimkan muatan yang belum diketahui, dan dengan mekanisme penghancuran diri yang kemungkinan akan dapat menghapus jejak. Mereka menyebut malware tersebut Silver Sparrow.

Baca juga: Apple Store AS secara bertahap izinkan belanja di dalam toko

Postingan blog Red Canary menjelaskan lebih detail, termasuk bagaimana mereka menemukan versi yang menargetkan tidak hanya Intel, tetapi juga Mac yang lebih baru yang dibekali chip M1 milik Apple — yang merupakan hal yang cukup mengejutkan, mengingat perangkat dengan M1 Apple masih sangat baru dan kerentanan masih sangat sedikit untuk ditemukan.

Pekan lalu, peneliti keamanan Objective-See, Patrick Wardle, menerbitkan laporkan tentang ditemukannya malware pertama yang menargetkan chipset Apple Silicon, dan laporan ini menambah daftar.

Untungnya, Silver Sparrow tidak dapat menutupi jejaknya sebelum dikeluarkan, tidak ada indikasi itu digunakan untuk melakukan kerusakan apa pun, dan Red Canary menulis bahwa Apple telah mencabut berkas biner — yang secara teoritis seharusnya mencegah pengguna menginstalnya sendiri secara tidak sengaja.

Peneliti memperingatkan bahwa transisi Apple dari Intel ke chipsetnya sendiri dapat memudahkan pelaku kejahatan lainnya untuk menyelipkan malware melalui celah.

Baca juga: Mea Shahira kolaborasi dengan Matter Mos di lagu “Apple of My Eyes”

Baca juga: Apple siapkan iPad dan AirTags meluncur pertengahan Maret

Baca juga: Apple tutup celah keamanan di iMessage

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © OLEHKABAR 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *