NU DKI Terjunkan Relawan Evakuasi dan Bantu Korban Banjir Jakarta

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta, NU Online

Sebagian titik di wilayah DKI Jakarta terendam banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi yang turun sejak semalam. Untuk membantu memberikan pelayanan terbaik kepada korban banjir, hampir semua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) di Jakarta turun untuk membuka posko.


Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta KH Syamsul Maarif menyebutkan beberapa titik di daerahnya yang terendam banjir. Di Jakarta Utara, titik terparah ada di Penjaringan. Jakarta Pusat ada di Kelurahan Karet, Setiabudi. Lalu di bilangan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur juga terendam banjir.


“Jakarta Selatan tadi pagi saya suruh mendirikan posko. Kebetulan rumah Ketua PCNU-nya (terendam banjir) hampir dua meter. Terus di daerah Kalibata juga parah,” ungkap Kiai Syamsul, saat dihubungi NU Online melalui sambungan telepon, Sabtu (20/2).

Posko NU Peduli banjir di Jakarta


Namun demikian, ia menjelaskan bahwa kegiatan NU Peduli Banjir Jakarta sudah berjalan sejak kemarin. Kiai Syamsul juga menuturkan akan segera meluncur ke posko-posko yang sudah didirikan. Terutama di Jakarta Selatan yang terendam cukup parah di wilayah Ulujami, Pesanggrahan, dan Kalibata.


“Saya baru pulang dari agenda BBM (Bersih-Bersih Masjid) ini. Insyaallah mau meluncur. Saya telepon mau meluncur ke tempat-tempat posko itu. NU Peduli Banjir Jakarta sudah bergerak masif. Melibatkan Banser terutama terus Fatayat, Muslimat, semua turun untuk memberikan pelayanan terbaik,” tegasnya.


Kiai Syamsul mengungkapkan, sedang mengusahakan bantuan. Ia mengaku bakal menghubungi Walikota Jakarta untuk diminta mengirimkan bantuan ke posko NU Peduli Banjir. Tak hanya itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya juga akan dihubungi.


“Sebentar lagi saya juga mau telepon Kapolda, supaya akses ke kapolres-kapolres bisa membantu NU. Nanti kabar terbaru saya update terus,” ungkapnya.

Dapur umum NU Peduli Banjir Jakarta


Sementara itu, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU juga sudah terjun membuat posko dan bergerak membantu warga korban banjir di Jakarta. Melalui akun resmi PP LPIBNU, Tim Santri Siaga Bencana (SSB) LBPI NU Jakarta juga sudah membuka posko.


Berbagai aktivitas kemanusiaan dilakukan, seperti melaksanakan evakuasi warga, membuat pos pengungsian, dan membuka dapur umum di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Selain itu, ada pula Pos NU Peduli di Rawa Buaya, Jakarta Barat.


Akun twitter PP LPBINU juga mengunggah foto yang memperlihatkan relawan PCNU Jakarta Pusat sedang membantu memberikan logistik kepada warga. Selain itu, LPBINU juga telah membuka dapur umum untuk warga terdampak banjir di Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Muhammad Faizin

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *