Menperin minta Jepang izinkan APM di Indonesia ekspor ke Australia

  • Bagikan
Jakarta (OLEHKABAR) – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita akan meminta Jepang untuk memberikan izin kepada Agen Pemegang Merek (APM) otomotif di Indonesia untuk mengekspor produknya ke Australia.

“Rencananya, kami akan ke Jepang dalam waktu dekat untuk melakukan pembicaraan dengan para principal di Jepang, agar segera memberi izin kepada APM di Indonesia untuk mengekspor kendaraan ke Australia,” kata Menperin lewat keterangan resmi diterima di Jakarta, Selasa.

Dengan demikian, produsen di Indonesia dapat segera bersiap memproduksi kendaraan dengan model yang diminati pasar Australia.

Baca juga: Mendag dorong otomotif Jepang di Indonesia ekspor mobil ke Australia

Produk kendaraan bermotor produksi dalam negeri telah mampu menembus pasar ekspor ke lebih dari 80 negara di dunia. Pada periode tahun 2020, ekspor kendaraan completely build up (CBU) sebanyak 232,17 ribu unit atau senilai Rp41,73 triliun.

Sedangkan, pengapalan untuk kendaraan completely knock down (CKD) sebanyak 53,03 ribu set atau senilai Rp1,23 triliun, dan komponen sebanyak 61,2 juta pieces atau senilai Rp17,52 triliun.

Program Making Indonesia 4.0 menargetkan sektor industri kendaraan bermotor nasional menjadi pemain global.

Bahkan, Indonesia akan menjadi ekspor hub kendaraan bermotor, baik untuk kendaraan berbasis bahan bakar minyak atau internal combustion engine (ICE) maupun kendaraan listrik atau electrical vehicle (EV).

Baca juga: Suzuki ekspor All New Ertiga lewat Pelabuhan Patimban Subang

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © OLEHKABAR 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *