Marketplace vs Toko Online, Mana yang Lebih Untung? – CryptoHarian

  • Bagikan
banner 468x60

Buat Anda yang ingin memulai berjualan secara online, ada 2 pilihan yang bisa Anda ambil : Marketplace vs Toko Online. Tentunya tiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pilihan berada di tangan Anda, namun kami bisa membantu Anda membuat pilihan yang logis berdasarkan kelebihan dan kekurangan dari tiap platform tersebut.

Marketplace vs Toko Online

Keuntungan Jualan Online di Marketplace

Pertama-tama, mari kita lihat dari keuntungan jualan di marketplace.

  1. Gampang Dimulai

Tiap marketplace memiliki aturannya sendiri-sendiri. Namun pada umumnya, membuka toko di marketplace itu sangatlah mudah. Anda hanya perlu sign-up dengan menggunakan akun Facebook atau Google, masukan nomor handphone Anda dan lengkapi identitas toko Anda.

Di marketplace, semua sistem sudah tersedia. Anda tinggal memasukan produk, deskripsi produk dan melengkapi deskripsi toko online Anda. Tara! Anda kemudian langsung bisa berjualan.

Maksudnya adalah bagaimana nama marketplace sudah terkenal dimana-mana, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mempromosikan toko Anda sendiri dari nol.

Kekurangan Jualan Online di Marketplace

Tentu saja jualan di marketplace tidak sepenuhnya sempurna dan memiliki kekurangan tersendiri. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Persaingan Ketat dengan Kompetitor

Persaingan dengan kompetitor di marketplace sangatlah ketat. Berbeda dengan masa awal-awal marketplace, yaitu di tahun 2015an, Anda hanya perlu bersaing dengan maksimal ribuan penjual online. Namun kini, jumlah toko telah mencapai lebih dari 1,5 juta. Bayangkan saja bukan bagaimana cara Anda bisa bersaing dengan semua toko tersebut.

Sedihnya ketika Anda berjualan di marketplace, tidak banyak yang tau mengenai brand Anda. Sebagian hanya mengetahui nama brand marketplace tempat Anda berjualan. Jika marketplace tutup atau terpaksa gulung tikar, maka menghilang sudah semua kerja keras Anda selama ini.

Dengan semakin ketatnya persaingan, otomatis laba penjualan yang diperolah juga menjadi semakin menipis.

Marketplace vs Toko Online : Kelebihan dan Kekurangan Toko Online

Banyak orang lebih mengenal marketplace, namun belakangan ini toko online semakin banyak digunakan oleh para pebisnis online. Marketplace vs Toko Online, salah satu perbedaan utamanya adalah marketplace berfungsi layaknya pasar atau swalayan yang menghubungkan Anda dengan pembeli, memiliki webiste toko online sendiri berarti Anda langsung terhubung langsung dengan pembeli.

Kelebihan Toko Online

  1. Loyalitas Pembeli Tinggi

Di Marketplace, Anda layaknya berjualan di pasar yang memiliki banyak toko. Bedanya, terdapat jutaan toko di marketplace yang mana persaingannya sangatlah kejam , terutama bagi pebisnis online pemula. Jika ada toko lain yang menawarkan produk dengan harga yang lebih oke, maka pelanggan biasanya akan langsung berpindah dari toko Anda ke toko baru tersebut. Dengan membuka toko sendiri, hal ini tidak akan terjadi karena Anda layaknya penjual tunggal yang membuka toko di pinggir jalan, bukan di pasar.

  • Tidak Terikat Pada Marketplace

Dengan memiliki toko online sendiri, Anda bisa mengembangkan brand Anda sendiri, bukan brand marketplace.

  • Margin Relatif Lebih Tinggi

Persaingan lebih sepi, tidak ada banting-bantingan harga. Margin Laba yang Anda peroleh juga pastinya bisa lebih tinggi.

Membuka website toko online sendiri, Anda bisa menjangkau pasar yang sangat luas, bahkan hingga ke luar negeri.

Kekurangan Toko Online

  1. Dibutuhkan Kemampuan Mengelolanya

Bagi pebisnis online yang gaptek, memiliki website toko online sendiri seringkali menjadi halangan karena Anda harus mengurus wordpress, plugin dan hal-hal lainnya yang cukup rumit.

Kalau begitu, Marketplace vs Toko Online, yang mana yang lebih baik? Idealnya, Anda harus memiliki keduanya karena baik marketplace maupun toko online saling menunjang satu sama lain untuk mengembangkan brand Anda.

Buat Anda yang ingin memiliki toko online sendiri tapi merasa gaptek dan tidak mau repot, maka AVANA jawabannya.

AVANA sendiri adalah sebuah platform yang menyediakan website toko online gratis maupun berbayar dan telah dilengkapi puluhan fitur canggih mulai dari manajemen produk & pesanan, auto-reply, manajemen chat hingga telah terhubung langsung dengan Instagram Shopping maupun Facebook Store. Lengkap sekali, bukan?

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *