Manfaat daun mint, redakan stres hingga mengobati asma

  • Bagikan
Jakarta (OLEHKABAR) – Daun merupakan salah satu tumbuhan herbal tertua yang dikenal manusia, selain memiliki khasiat untuk berbagai macam pengobatan, daun ini juga digunakan untuk bahan kuliner.

Daun mint kaya akan sumber polifenol dan memiliki aroma yang khas. Daun mint juga rendah kalori, mengandung protein dan lemak dengan jumlah yang rendah.

Tak hanya itu, daun minta memiliki vitamin A, nC, dan B-kompleks yang meningkatkan kesehatan kulit dan meningkatkan kekebalan, kaya akan zat besi, kalium, mangan yang meningkatkan hemoglobin, dan fungsi otak.

Mengunyah daun mint membantu meredakan kembung dan gas. Minyak esensial yang terkandung dalam daun mint juga dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah sakit gigi. Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari daun mint seperti dilansir Indian Express, Minggu.

Meningkatkan pencernaan

Daun mint kaya akan antioksidan, mentol, dan fitonutrien yang membantu enzim mencerna makanan. Minyak esensial dalam mint memiliki efek antibakteri dan antiseptik yang kuat yang menenangkan kram perut dan membantu meredakan keasaman dan perut kembung.

Mengobati asma

Meminum air mint secara teratur dapat meredakan dada yang terasa sesak. Metanol dalam mint bertindak sebagai dekongestan, membantu melonggarkan lendir yang terkumpul di paru-paru dan juga mengecilkan selaput bengkak di hidung agar Anda lebih mudah bernapas. Saat menggunakan daun mint, pastikan tidak terlalu banyak, jika tidak, saluran udara Anda akan teriritasi.

Baca juga: Berbagai manfaat daun talas

Menyembuhkan sakit kepala

Daun mint mengandung mentol yang dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan nyeri. Mengoleskan perasan daun mint di dahi dan pelipis dapat meredakan sakit kepala. Selain itu, balsem berbahan dasar mint atau minyak mint juga efektif untuk menyembuhkan sakit kepala.

Meredakan stres dan depresi

Mint adalah ramuan yang paling banyak digunakan dalam aromaterapi. Memiliki aroma yang kuat dan menyegarkan yang dapat meredakan stres serta menyegarkan tubuh dan pikiran.

Aktivitas apoptogenik pada mint membantu mengatur kadar kortisol dalam darah yang memicu respons alami tubuh untuk meredakan stres. Menghirup minyak esensial mint dapat langsung melepaskan serotonin dalam darah yang merupakan neurotransmitter yang terkenal untuk meredakan gejala stres dan depresi.

Menyehatkan kulit

Mint memiliki khasiat anti inflamasi dan anti bakteri yang membantu mengatasi jerawat pada kulit. Daun mint mengandung asam salisilat dalam jumlah tinggi yang berfungsi sebagai anti jerawat dan bertindak sebagai pembersih kulit yang efektif.

Daun mint memiliki sifat antioksidan yang membantu Anda mendapatkan kulit bersih dan awet muda dengan menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Mint juga menjaga kelembapan pada kulit, membersihkan sel-sel kulit mati, dan kotoran dari pori-pori kulit, serta menjadikan kulit tampak bercahaya dan kencang.

Perawatan mulut

Mengunyah daun mint adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kebersihan mulut dan kesehatan gigi. Minyak esensial dalam mint dapat membantu Anda mendapatkan nafas segar.

Selain itu, menggunakan obat kumur yang mengandung minyak peppermint dapat membantu membunuh bakteri di mulut dan memberikan kesehatan pada gusi dan gigi.

Meningkatkan daya ingat

Menurut penelitian, daun mint dapat meningkatkan daya ingat dan mengembalikan fungsi kognitif otak. Mengonsumsi pudina secara rutin dapat meningkatkan kekuatan otak dengan meningkatkan kewaspadaan, dan retensi memori, serta fungsi kognitif lainnya.

Menurunkan berat badan

Minyak esensial mint merangsang enzim pencernaan untuk meningkatkan aliran empedu dan meningkatkan pencernaan. Ini juga membantu dalam meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan.

Ketika tubuh mampu berasimilasi dan menyerap nutrisi dengan baik, metabolisme Anda meningkat. Peningkatan metabolisme ini mendorong penurunan berat badan.

Mengobati flu biasa

Jika Anda sedang berjuang melawan flu dan sulit bernapas, mint adalah obat terbaik untuk itu. Sebagian besar obat gosok dan inhaler mengandung mint.

Mint secara alami membersihkan tenggorokan, hidung, bronkus, dan paru-paru yang tersumbat. Selain saluran pernapasan, mint juga meredakan iritasi akibat batuk kronis.

Meredakan gejala mual

Mint merupakan pengobatan efektif untuk mengatasi mual yang sering terjadi pada morning sickness. Memakan beberapa lembar daun mint atau menciumnya setiap pagi dapat membantu ibu hamil mencegah rasa mual.

Baca juga: Rekomendasi tiga bumbu dan herba agar makan sayur jadi lebih nikmat

Baca juga: Enam kandungan “skincare” yang akan jadi tren di 2021

Baca juga: Manfaat daun neem dan kunyit untuk basmi jerawat

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © OLEHKABAR 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *