Malam Ini Ada Wilayah di DKI Masih Status Siaga Banjir!

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta, OlehKabar.com Indonesia – Beberapa lokasi di DKI Jakarta dilanda banjir beberapa hari terakhir. Sampai Minggu malam (21/2) hingga pukul 18.00, masih ada wilayah di DKI Jakarta yang statusnya siaga dalam hal tinggi muka di pintu air.

Hal ini terlihat dari peringatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta yang belum mencabut status siaga. Informasi itu diberitahukan BPBD melalui akun resmi Twitter @BPBDJakarta. 

“Tinggi Muka Air UPDATE TINGGI MUKA AIR Minggu, 21 Februari 2021, Pukul 18.00 WIB”


Yang menjadi perhatian adalah wilayah Angke Hulu dan Sunter Hulu yang masing-masing siaga II dan siaga III.

Pemprov DKI Jakarta pada Minggu pagi, menyatakan genangan air di sebagian wilayah di DKI sudah mulai surut. Plt. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto memaparkan, untuk wilayah Jakarta Pusat, seluruh wilayah telah kering seluruhnya pada Sabtu (20/2) malam, pukul 21.30.

“Hingga Minggu (21/2) pukul 09.00, sebagian besar wilayah telah surut. Secara keseluruhan ada 49 RT yang masih terdampak dari total 30.470 RT yang ada di Jakarta, atau sejumlah 0,161 %. Jumlah pengungsi sebanyak 1.722 jiwa dari 514 KK, semuanya dari wilayah Jakarta Timur. Dan masih ada 10 lokasi pengungsian yang juga disiapkan di wilayah Jakarta Timur,” terang Sabdo dalam pernyataan resminya.

Secara lebih rinci, wilayah yang masih tergenang di Jakarta Barat terdapat 5 RW, terdiri dari 6 RT, dengan ketinggian air 40 – 70 cm. Di Jakarta Selatan terdapat 6 RW, terdiri dari 11 RT, dengan ketinggian air 40 – 90 cm. Di Jakarta Timur terdapat 12 RW, terdiri dari 32 RT, dengan ketinggian air 40 – 100 cm. Total pengungsi keseluruhan berada di Jakarta Timur, yaitu sejumlah 1.722 jiwa dari 514 KK.

Lebih lanjut, Sabdo menerangkan terdapat 5 korban jiwa. “Korban merupakan lansia 67 tahun berjenis kelamin laki-laki yang terkunci di dalam rumah, di Jatipadang, Jakarta Selatan. Selain itu 4 anak-anak, terdiri dari 3 anak laki- laki di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat yang hanyut terseret arus banjir saat sedang bermain, dan 1 anak perempuan usia 7 tahun yang tenggelam di Jakarta Barat,” terang Sabdo.

Pagi ini juga telah didistribusikan makanan dan perlengkapan untuk proses pembersihan hari ini. “Sesuai instruksi Pak Gubernur, kami akan terus upayakan untuk penanganan dengan mengutamakan keselamatan jiwa,” lanjut Sabdo.

[Gambas:Video OlehKabar.com]

(hoi/hoi)


banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *