Lengkap! Formasi 1,3 Juta CPNS yang Dibuka Tahun Ini

  • Bagikan

Jakarta, Oleh Kabar – Pemerintah memastikan akan kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun ini. Setidaknya, ada 1,3 juta PNS baru yang dibutuhkan pemerintah.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo saat memberikan pengarahan dalam penandatanganan komitmen pembangunan Mal Pelayanan Publik.

“Tahun ini Insya Allah kami akan buka 1,3 juta PNS dan PPPK,” kata Tjahjo, seperti dikutip Oleh Kabar, Rabu (3/3/2021).


Tjahjo mengatakan, formasi yang dibuka untuk lowongan tahun ini mayoritasnya adalah guru sebanyak satu juta. Sementara sisanya, akan merata seperti bidan, perawat, dokter, hingga tenaga penyuluh.

“Sisanya butuh bidan, perawat, dokter, dan tenaga penyuluh lainnya sesuai kebutuhan lainnya,” katanya.

Sebagai informasi, hingga saat ini, belum ada tahapan seleksi CPNS resmi yang diumumkan oleh pemerintah. Namun, tahapan seleksi CPNS dari tahun ke tahun memang tidak jauh berbeda.

Misalnya, seleksi administrasi yang dilakukan pada portal sscn.bkn.go.id. Anda harus mendaftar dulu untuk mendapat kartu pendaftaran. Setelah itu, Anda juga akan diminta untuk mengunggah beberapa dokumen yang nanti akan diverifikasi.

Seluruh dokumen untuk persyaratan tertera jelas pada website kok. Jika dinyatakan lulus, sampeyan bisa melanjutkan ke tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS.

Selain itu, ada yang namanya seleksi kompetensi dasar (SKD). Setelah dinyatakan lolos tahap administrasi, Anda akan diizinkan untuk mengikuti SKD CPNS.

Tes ini akan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT). Nah, jenis soal yang ada pada tahapan tersebut, yakni soal-soal tentang pengetahuan umum dan kemampuan berhitung.

Kemudian, ada seleksi kompetensi bidang (SKB) yang meliputi tes substantif bidang, psikotes, wawancara, tes fisik, hingga tes keterampilan untuk beberapa jabatan.

Selanjutnya, yaitu pengumuman kelulusan. Setelah melalui tahapan tes, Anda bisa cek pengumuman kelulusan melalui website masing-masing instansi.

Terakhir, yakni pemberkasan. Saat Anda dinyatakan lulus, Anda harus melengkapi beberapa dokumen untuk pemberkasan.

[Gambas:Video OlehKabar.com]

(cha/cha)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *