Kominfo tambah 3 BTS dan 78 titik akses internet di NTB

  • Bagikan
Jakarta (OLEHKABAR) – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menambahkan penyediaan infrastruktur digital seperti tiga Base Transceiver Station (BTS) dan 78 akses internet gratis di Nusa Tenggara Barat.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, ini adalah dukungan penuh untuk meningkatkan layanan di destinasi wisata serta pengembangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Mandalika dan NTB.

“Kominfo sendiri sudah bangun 3 BTS tambahan di sana (kawasan pariwisata Mandalika NTB), sudah menyiapkan 78 titik-titik akses internet gratis yang langsung ke satelit,” ujarnya dalam acara Karya Kreatif Indonesia 2021: Eksotisme Lombok Seri 1 yang berlangsung virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kominfo teken kontrak infrastruktur, rilis prangko seri vaksin

Baca juga: Kominfo dorong Pemda adakan literasi digital

Selain menghadirkan dukungan infrastruktur digital, Menteri Johnny menyatakan Kementerian Kominfo terus menggerakkan hampir semua operator seluler yang telah beroperasi di daerah strategis kepariwisataan Provinsi NTB.

Menurutnya, Indonesia telah mampu beradaptasi dengan ekosistem teknologi komunikasi dan informasi. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo hadir memberikan dukungan dukungan bagi pariwisata dan UMKM.

“Kegiatan virtual ini saja sudah memberikan gambaran bahwa Indonesia itu sangat adaptif dan sangat agility (adaptasi dengan teknologi komunikasi dan informatika), jelas sekali Kalau kita bisa memanfaatkan teknologi digital dan khusus untuk Mandalika NTB dan sekitarnya,” kata Menkominfo.

Menteri Johnny menjelaskan dukungan penyediaan eksosistem digital merupakan sisi hulu, sehingga pemerintah juga ingin mendorong dari sisi hilir.

“Nah hilirnya saya patut juga garisbawahi dan mendukung penuh Gubernur BI melalui aplikasi QRIS (QR Code Indonesian Standard),” jelasnya.

Menurut Menteri Johnny, aplikasi QRIS dari Bank Indonesia merupakan aplikasi terpusat untuk sistem pembayaran yang sangat membantu penjual, pembeli, produsen, merchant di seluruh Indonesia termasuk Provinsi NTB.

Oleh karena itu, Menkominfo mengajak semua pihak untuk memanfaatkan aplikasi tersebut melalui ruang digital yang lebih baik.

“Saya juga tentu mendorong OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk membangun capital fencer untuk mendorong financial technology, untuk mendukung UMKM dan produksi-produksi technopark-nya NTB,” kata dia.

Kementerian Kominfo juga mendukung peningkatan sumber daya manusia di provinsi NTB melalui pendidikan vokasi maupun training atau pelatihan untuk pembangunan pariwisata. Khususnya yang terkait dengan pemanfaatan ruang digital dalam rangka on boarding UMKM.

Selain Menkominfo, Pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2021: Eksotisme Lombok Seri 1 diawali dengan sambutan dari Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Selanjutnya, sambutan sekaligus arahan disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Bandjaitan dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Baca juga: Luhut minta Kominfo dukung digitalisasi produk wisata Indonesia

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © OLEHKABAR 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *