KAI Purwokerto batalkan perjalanan sejumlah KA tujuan Jakarta

  • Bagikan
banner 468x60

Pembatalan tiket karena perjalanan kereta api dibatalkan, akan dikembalikan 100 persen di luar bea pesan

Purwokerto (OLEHKABAR) – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto membatalkan perjalanan sejumlah kereta api tujuan Jakarta akibat banjir di lintas Kedunggedeh-Lemahabang, Jawa Barat, yang masuk wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta.

“Sejumlah titik jalur lintas KA di area Daop 1 Jakarta yang terimbas banjir dengan ketinggian bervariasi di atas kop rel. Bahkan, ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh dan Lemahabang khususnya Km 55+100 sampai dengan Km 53+600 terendam banjir dengan ketinggian air sampai dengan 150 centimeter,” kata pejabat yang melaksanakan tugas (PYMT) Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Hendra Wahyono di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu sore.

Selain itu, kata dia, terjadi pula gogosan di Km 54+5/6 petak jalan antara Cikarang dan Karawang, sehingga mengakibatkan kereta api jarak jauh yang melewati wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto mengalami gangguan.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan PT KAI Daop 5 Purwokerto membatalkan sejumlah perjalanan kereta api tujuan Jakarta, antara lain KA Serayu relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen dan KA Sawunggalih relasi Kutoarjo-Purwokerto-Pasarsenen.

“Demikian pula perjalanan sejumlah kereta api tujuan Jakarta dari Daop lain yang melewati Daop 5 Purwokerto dan sebaliknya, juga dibatalkan,” katanya.

Ia mengatakan kereta api dari Daop lain yang dibatalkan perjalanannya, antara lain KA Progo relasi Lempuyangan-Purwokerto-Pasarsenen, KA Bima relasi Gambir-Purwokerto-Surabayagubeng, KA Bima relasi Surabayagubeng-Purwokerto-Gambir, KA Gajayana relasi Gambir-Purwokerto-Malang, KA Gajayana relasi Malang-Purwokerto-Gambir, KA Senja Utama relasi Solobalapan-Purwokerto-Pasarsenen.

Selanjutnya, KA Singasaro relasi Blitar-Purwokerto-Pasarsenen, KA Argo Dwipangga relasi Solobalapan-Purwokerto-Gambir, KA Argo Lawu relasi Gambir-Purwokerto-Solobalapan, KA Taksaka relasi Yogyakarta-Purwokerto-Gambir, KA Jayakarta relasi Pasarsenen-Purwokerto-Surabayagubeng, KA Jayakarta relasi Surabayagubeng-Purwokerto-Pasarsenen, KA Serayu relasi Pasarsenen-Kiaracondong-Purwokerto, dan KA Bengawan relasi Purwosari-Purwokerto-Pasarsenen.

“PT KAI (Persero) menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan kereta api karena cuaca buruk dan curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan beberapa titik stasiun atau lintas KA terimbas banjir khususnya di wilayah Daop 1 Jakarta yang mengakibatkan dibatalkannya beberapa perjalanan KA,” kata Hendra.

Ia mengatakan hingga saat ini, seluruh tim prasarana PT KAI (Persero) terus melakukan pemantauan kondisi di lintas untuk dapat memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api di sejumlah area jalur rel yang terdampak banjir.

Bagi penumpang yang terdampak pembatalan perjalanan kereta api, kata dia, dapat melakukan proses pembatalan tiket melalui loket yang terdapat di stasiun.

“Pembatalan tiket karena perjalanan kereta api dibatalkan, akan dikembalikan 100 persen di luar bea pesan. PT KAI tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA beserta penumpang dan barang yang diangkutnya,” katanya.

Baca juga: KAI terapkan jalur tunggal di lintas Linggapura-Bumiayu, ini sebabnya

Baca juga: Jembatan diperbaiki, perjalanan kereta lintas selatan Jawa normal lagi

Baca juga: Jembatan terkikis, perjalanan kereta api di Purwokerto terganggu

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © OLEHKABAR 2021

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *