Kader Pelajar NU Kepulauan Meranti Kompak Dakwah Islam Ramah

  • Bagikan

Pekanbaru, NU Online

Sebagai generasi muda NU, kader-kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) harus semakin kompak dan semangat dalam menyebarkan Islam ramah yang berlandaskan paham Ahlussunnah wal jamaah annadhliyah, terutama di kalangan pelajar.


Untuk mewujudkan itu semua, tentunya dibutuhkan kolaborasi, tidak hanya kader IPNU dan IPPNU saja, melainkan dengan semua lini yang ada dalam lingkungan masyarakat.

 

“Hal ini sudah seharusnya dilakukan. Kader IPNU dan IPPNU harus semangat dalam menyebarkan Islam ramah yang berlandaskan paham Ahlussunnah wal jamaah annadhliyah. Apalagi di era teknologi sekarang ini, kekompakan kader untuk mewujudkan hal tersebut sangat dibutuhkan,” ujar Ketua PC IPNU Kepulauan Meranti M Manshur saat menghadiri Tasyakuran, Tahlil dan Doa Bersama yang digelar oleh PAC IPNU IPPNU Rangsang Barat, Rabu (3/3) malam.


Selain kompak dan semangat dalam berdakwah, kader IPNU dan IPPNU juga harus istiqomah atau konsisten dalam berbagai muamalah kehidupan. Di antaranya menurut Ustaz Nurul Amin yang menjadi penceramah pada kegiatan tersebut adalah dengan istiqamah bil ilmi atau banyak menuntut ilmu agama.


Dalam menuntut ilmu, ia mengingatkan pula agar para kader IPNU dan IPPNU belajar atau mengaji dari guru yang jelas dan ilmu yang memiliki sanad dari para ulama NU.  


“Selain itu, kader muda NU juga harus memiliki adab yang baik. Al-Adabu Fauqal Ilmi, Adab itu di atas ilmu. Sepintar dan sealim apapun sampean, kalau tidak memiliki adab yang baik, maka tidak akan barakah dan bermanfaat ilmu yang sampean miliki. Makanya, ilmu diiringi akhlak yang baik itu sangat penting,” tegas  Alumnus Pondok Pesantren Tremas, Pacitan, Jawa Timur itu.

 

Menurutnya, dalam Islam, persoalan adab memang sangat penting. Bahkan tidak hanya adab terhadap manusia, melainkan juga adab terhadap alam dan lingkungan sekitar, karena kualitas seorang hamba sangat ditentukan bagaimana akhlaknya.

 

Tasyakuran, Tahlil dan Doa bersama yang digelar secara sederhana itu tidak hanya untuk memperingati Harlah ke-67 IPNU dan Ke-66 IPPNU, melainkan juga memperingati Hari Lahir Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU dan IPPNU Rangsang Barat yang terbentuk pada tanggal 19 Februari 2020 lalu.

 Selain dihadiri Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Kepulauan Meranti, hadir juga Sekretaris PC IPNU Meranti Rudi Al-Amin, Ketua PAC IPNU Tebing Tinggi Taufiqurrahman, Kepala MAN 2 Kepulauan Meranti Syar’an Susilo dan tokoh masyarakat sekitar.


Pewarta: Owen Maulana

Editor: Muhammad Faizin

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *