Jadi Walikota Solo, Ini Gurita Bisnis Gibran Rakabuming

  • Bagikan

Jakarta, Oleh Kabar – Gibran Rakabuming Raka telah resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo. Sebelum terjun ke dunia politik, sebenarnya anak sulung presiden Joko Widodo ini memiliki sejumlah bisnis.

Gibran diketahui memiliki bisnis di bidang kuliner, game hingga jas hujan. Salah satu yang paling terkenal adalah startup bernama Goola yang pada tahun 2019 lalu mendapatkan suntukan modal dari firma modal ventura Alpha JWC senilai US$5 juta. Kabarnya bisnis Gibran ini akan dikelola oleh sang adik Kaesang Pangarep.

Lalu apa saja deretan bisnis yang dimiliki ayah dari Jan Ethes ini. Berikut daftar bisnisnya, dirangkum Oleh Kabar dari berbagai sumber.


Goola

Startup ini bergerak di bisnis kios produk minuman tradisional, sebut saja Es Doger Jeger, Es Kacang Hijau, dan Es Goola Aren.

Gibran menargetkan pangsa pasar kelas menengah untuk bisnisnya ini. Goola bisa ditemui di sejumlah mal ternama di Jakarta.

Katering Chilli Pari

Bisnis ini sudah berdiri sejak 2010 lalu dan dimulai dengan modal Rp700 juta untuk membeli peralatan katering. Chili Pari juga sudah dikenal jadi salah satu bisnis jasa boga di kota Solo.

Bukan hanya Solo, Katering Chilli Pari juga membuka jasanya di sejumlah kota seperti Yogyakarta, Ngawi, Madiun dan Semarang.

Chilli Pari juga berkembang dari bisnis katering. Sekarang sudah merambah ke wedding organizer hingga pengadaan suvenir, undangan, dan foto pre-wedding.

Markobar

Bisnis kuliner berikutnya adalah Markobar dan sempat menjadi viral di media sosial beberapa waktu lalu. Jualan martabak berubah jadi naik kelas dengan menghadirkan beragam topping dan cara penyajian yang berbeda.

Markobar dimulai dari Solo lalui merambah di kota-kota lain termasuk Jakarta, Bandung hingga Makassar dan Manado.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *