Intip harga Toyota setelah insentif PPnBM, Vios turun sampai Rp65 juta

  • Bagikan
Jakarta (OLEHKABAR) – PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai market leader di Indonesia memiliki lima model kendaraan yang menerima insetif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang ditetapkan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), berlaku 1 Maret 2021.

Public Relation Manager TAM, Dimas Azka mengungkapkan, mereka optimistis penyesuaian harga setelah PPnBM itu dapat menarik minat konsumen untuk membeli mobil. Selisih harga pada Toyota sangat bervariasi, mulai belasan juta rupiah hingga menembus Rp65,2 juta untuk Vios karena PPnBM sebelumnya untuk sedan yang mencapai 30 persen.

“Ya kalo optimistis pasti, karena dengan adanya penyesuaian harga ini, diharapkan calon konsumen yang sebelumnya mungkin terkendala jadi bisa merealisasikan pembeliannya,” ungkap Dimas Azka kepada OLEHKABAR, Selasa.

Baca juga: Insentif PPnBM, harga Wuling Confero berkurang hingga Rp11,5 juta

Baca juga: Empat mobil Daihatsu ini dapat insentif PPnBM belasan juta rupiah

Sebanyak 21 model kendaraan yang diproduksi di Indonesia dengan komponen lokal 70 persen ke atas berhak menerima insentif yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.20PMK.010/2021 tentang PPnBM Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Aturan 2021.

Sedangkan bagi Toyota, lima model yang memenuhi persyaratan pemerintah ialah Toyota Avanza, Rush, Yaris, Vios, dan Sienta dengan pemotongan harga hingga puluhan juta rupiah.

Dalam hal ini, Toyota Avanza (Semua tipe) mendapat selisih harga setelah PPnBM mulai dari Rp12,2 juta – 15,7 juta, sehingga harganya menjadi Rp168,5 juta (varian transmover) hingga Rp239,3 juta (Avanza varian tertinggi).

Untuk Toyota Sienta memiliki selisih pengurangan harga mulai dari Rp18,7 juta -Rp28,2 juta, sehingga harganya menjadi Rp258,1 juta hingga Rp354,3 juta (Varian Welcab).

Toyota Rush dari semua tipe memiliki penurunan harga mulai dari Rp17,2 juta hingga 18,3 juta untuk varian tertinggi, sehingga untuk harga saat ini harga Toyota Rush dimulai dari Rp243 juta hingga yang tertinggi mencapai Rp263,3 juta.

Untuk model keempat yang mendapat insentif kelonggaran biaya PPnBM adalah Toyota Yaris yang dimulai dari Rp17,95 juta untuk varian terendah hingga Rp20,25 juta untuk varian TRD 7 airbags, dimana harganya ada pada rentang Rp248,3 juta hingga Rp284 juta.

Sedangkan untuk varian sedan Toyota Vios mendapatkan pengurangan biaya insentif dengan nominal yang cukup tinggi hingga mencapai Rp62,2 juta hingga yang terendah Rp59,5 juta. Sehingga harga kendaraan sedan tersebut dimulai dari Rp265.4 juta hingga yang varian teratas saat ini dihargai menjadi Rp281,6 juta.

“Untuk Vios perbedaan harga jadi cukup besar karena dasar pengenaan PPnBM nya untuk sedan memang lebih besar dari contohnya mobil 4×2. Jadi pada saat relaksasi PPnBM penyesuaian harganya jadi lebih besar juga,” tutup dia.

Baca juga: Pemerintah umumkan 115 komponen pembelian lokal untuk insentif PPnBM

Baca juga: IHSG ditutup menguat tajam, ditopang insentif kendaraan dan perumahan

Baca juga: Daftar mobil baru mendapat insentif PPnBM

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © OLEHKABAR 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *