Fatayat NU Kencong Luncurkan Produk UMKM

  • Bagikan

Jember, NU Online

Wabah Corona yang menghantam bangsa Indonesia, mendorong Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kencong Kabupaten Jember, Jawa Timur untuk berkreasi. Mereka memproduksi sabun cuci piring (fyt cleane), sabun cuci tangan, hand sanitizer, dan beberapa produk non makanan lain. Produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tersebut diluncurkan di sela-sela Pelantikan PC Fatayat NU Kencong Kabupaten Jember masa khidmah 2021-2026 di aula Dira Park, Kencong Kabupaten Jember, Sabtu (27/2).


Menurut Ketua PC Fatayat NU Kencong, Emy Fatmawati, peluncuran produk tersebut sebagai bagian dari upaya untuk keluar dari jepitan ekonomi. Sebab selama ini perputaran roda ekonomi cukup lambat akibat efek domino dari penyebaran Covid-19. Walaupun saat ini, pemerintah memberikan sedikit kelonggaran bagi masyarakat untuk beraktivitas di pasar dan tempat-tempat keramaian, dan di sisi lain pemerintah  juga menggelontorkan berbagai subsidi kepada korban terdampak Covid-19, namun ekonomi tak kunjung pulih.


“Semoga ini (produk-produk Fatayat NU Kencong), dapat menggerakkan ekonomi masyarakat betapapun kecilnya,” ujar Emy usai Pelantikan PC Fatayat NU Kencong Kabupaten Jember.


Ia menyatakan yakin produk-produk made in PC Fatayat NU Kencong tersebut bisa eksis. Sebab selain produk tersebut memang dibutuhkan tiap hari oleh masyarakat, kualitasnya juga bagus dengan harga terjangkau.  Lebih dari itu, untuk kebutuhan internal diperkirakan juga cukup banyak karena anggota Fatayat NU Kencong mencapai 8.000 orang yang tersebar di 5 anak cabang dan puluhan ranting.


“Produk-produk kami sudah mempunyai izin resmi dari instansi terkait, sehingga secara kualitas tidak ada masalah,” ungkapnya.


Sementara itu, Dewan Kehormatan PC Fatayat NU Kencong, H Marsuki Abd. Gofur memberikan apresiasi terhadap usaha Fatayat NU Kencong untuk melahirkan produk-produk  tersebut. Sebab, di tengah hunjaman Covid-19 dengan segala akibatnya, memang dibutuhkan upaya-upaya kreatif untuk keluar dari kesulitan ekonomi.


“Ya, baiklah. Ini salah satu cara untuk eksis di tengah wabah Corona saat ini,” ungkapnya.


Di tempat yang sama, H Nur Yasin yang juga menjadi Dewan Kehormatan PC Fatayat NU Kencong, menyatakan siap membantu pengembangan produk-produk tersebut. Apalagi posisinya sebagai anggota Komisi IX DPR RI bermitra dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).


“Saya sangat suka dengan ini semua. Intinya saya siap membantu Fatayat NU Kencong untuk mengembangkan produk tersebut,” pungkasnya.


Pewarta:  Aryudi A Razaq

Editor: Muhammad Faizin

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *