Demi tambah bobot tubuh, perlu tambah asupan kalori per hari

  • Bagikan
Jakarta (OLEHKABAR) – Anda yang ingin menambah bobot tubuh seperti halnya mereka dengan berat badan berlebih, juga perlu memperhatikan asupan kalori harian.

Anda disarankan mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar dan jumlah kalori yang perlu Anda tambahkan tergantung pada berat badan yang ingin Anda tambah.

Secara umum, menambahkan sekitar 500 kalori sehari, sama dengan penambahan satu pon berat dalam seminggu, tetapi menambahkan kalori saja tidak cukup untuk membangun otot.

“Tubuh Anda membutuhkan stimulus yang tepat terlebih dahulu sebelum dapat membentuk otot, seperti latihan ketahanan,” kata dokter di Medical University of Varna, Bulgaria, Dimitar Marinov seperti dikutip dari Insider, Jumat.

Baca juga: Hitung kalori demi turunkan berat badan sesuai gender & usia

Baca juga: Cara diet seimbang di tengah pandemi

Menurut dia, surplus 10-20 persen kalori biasanya merupakan awal yang baik, tetapi beberapa orang memiliki metabolisme yang lebih adaptif dan mungkin memerlukan surplus yang lebih tinggi untuk menambah berat badan.

Asisten profesor ilmu biomedis di Missouri State University, Natalie Allen mengatakan, saat menambah berat badan, Anda perlu memastikan asupan protein dalam jumlah yang cukup dan terus berolahraga, sehingga Anda mendapatkan otot dan bukan hanya lemak.

Meskipun lemak tubuh penting, semakin tinggi persentase lemak yang Anda miliki, semakin besar risiko Anda terhadap kondisi kesehatan tertentu seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes.

“Untuk membangun atau memelihara otot, penting untuk mengonsumsi protein secara teratur, setiap kali makan, sepanjang hari,” kata Allen.

Sasaran umum bagi kebanyakan orang yang ingin menambah berat badan adalah 30 gram protein setiap kali makan.

Di sisi lain, konsumsi makanan bergizi penting apabila Anda ingin menambah, menurunkan, atau mempertahankan berat badan. Apabila Anda ingin menambah kalori dan menambah berat badan, pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang lengkap.

Berapa banyak kalori yang Anda butuhkan untuk makan sehari tergantung pada banyak faktor, termasuk usia, tingkat aktivitas, dan apakah Anda ingin menurunkan, menambah, atau mempertahankan berat badan. Untuk panduan dalam menentukan asupan kalori Anda, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter atau ahli diet.

Baca juga: Strategi tambah berat badan untuk si kurus

Baca juga: Studi: memberi tahu seseorang gendut bisa membuatnya tambah gendut

Baca juga: Viral diet ekstrem & tanpa sayur ala Tya Ariestya, ini kata ahli gizi

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © OLEHKABAR 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *