Bersih-bersih Masjid di Jateng, LTM NU Ingatkan Doa Umat Muslim

  • Bagikan

Semarang, NU Online

Memperingati hari lahir ke-98 Nahdlatul Ulama, Lembaga Takmir Masjid (LTM) PBNU menggelar agenda Bersih-Bersih Masjid dan Mushala (BBM) yang dilaksanakan seluruh cabang-cabang NU di Indonesia. Di Jawa Tengah, BBM dilangsungkan antara lain di Kota Tegal, Pemalang, Semarang pada Selasa (2/3).

 

Koordinator lapangan BBM Berkah LTM PBNU, Mujahidin mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin sejak tahun 2012 yang dijalankan oleh LTM PBNU setelah berkordinasi dengan Majelis Wakil Cabang (MWC) dan Ranting NU setempat. “Sehingga, masyarakat dan jamaah masjid setempat bisa ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan tersebut,” kata Mujahidin, Rabu (3/3). 


Selain untuk mempererat hubungan sesama Muslim, lanjut Mujahidin, kegiatan ini juga salah satu bentuk ikhtiar untuk merawat dan menjaga keberlangsungan masjid. “Utamanya untuk memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar,” imbuhnya.


Menurutnya, LTM NU memiliki peran dan tanggung jawab untuk ikut merawat keberlangsungan kegiatan masjid. Salah satu ikhtiarnya adalah melalui BBM.

 

Pihaknya juga menyampaikan pentingnya bersih-bersih masjid ini adalah ikhtiar untuk mengembangkan kemakmuran masjid. Di samping kemakmuran soal keagamaan dan ekonomi, masjid juga harus menjadi inisiator kesehatan masyarakat, sebagaimana sudah menjadi bagian dari doa harian warga NU.


“Jadi ikhtiar memakmurkan masjid itu di antaranya mengaplikasikan doa-doa harian kita. Pertama, salamatan fii dien menjadikan masjid sebagai tempat pengamanan dalam keagamaan. Kedua, barakatan fii rizqi; menjadikan masjid pusat ekonomi. Ketiga, afiatan Fii jasad; masjid sebagai inisiator menjaga kesehatan masyarakat, termasuk BBM bagian dari macam ini. Keempat, ziadatan fii ilmi, menambahkan keilmuan seperti taklim dan sebagainya,” jelas Mujahidin.


Ia juga mengajak pada masyarakat khususnya warga NU untuk menjadikan masjid sebagai pusat segala kebutuhan warga. Dengan begitu, di usia NU yang hampir satu abad ini dapat mengawal segala unsur kehidupan masyarakatnya.


“Karena ini hampir menuju satu abad NU dan kiprah NU sejak sebelum kemerdekaan ini tidak diangap kecil, sehingga di harlah 98 tahun ini berharap kiprah warga NU itu betul betul bisa mengawal kehidupan masyarakat secara utuh dari sisi keagamaan dan ekonominya,” tegasnya.

 

Pada kegiatan BBM yang mengusung tagline BBM Berkah ini, takmir dan relawan selain membersihkan area masjid, juga diajak diskusi untuk upaya memakmurkan jamaahnya.

 

Kontributor: Abdullah Faiz

​​​​​​​Editor: Kendi Setiawan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *