Bayern akhiri krisis kecil dengan menang besar 5-1 atas Cologne

  • Bagikan
Jakarta (OLEHKABAR) – Bayern Munich mengakhiri krisis kecil setelah memenangi Piala Dunia Klub dengan meraih kemenangan besar 5-1 atas tamunya Cologne pada pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Allianz Arena, Munich, Sabtu.

Pasukan Hansi Flick mencatatkan satu kali hasil imbang dan satu kali kekalahan setelah pulang dari Qatar. Namun pada tengah pekan mereka mampu menang atas Lazio pada ajang Liga Champions, dan pada akhir pekan kembali memperlihatkan performa maksimal di kancah domestik.

Kemenangan besar atas Cologne ini semakin mengokohkan Bayern di puncak klasemen dengan 52 poin, unggul lima poin atas tim peringkat kedua RB Leipzig yang baru bermain pada Sabtu malam. Sedangkan kekalahan ketiga beruntun bagi Cologne membuat mereka tertahan di posisi ke-14 dengan 21 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Leroy Sane dan Niklas Suele sempat merepotkan kiper Cologne Timo Horn, sebelum Leon Goretzka mengirim umpan silang yang disambut tandukan sempurna Eric Maxim Xhoupo-Moting untuk menjadi gol pembukaan pada menit ke-18.

Baca juga: Mueller dan Gnabry kembali berlatih bersama Bayern Munich

Robert Lewandowski gagal mengemas gol beberapa saat kemudian saat ia melepaskan tandukan melebar. Namun penyerang Polandia itu segera mencatatkan namanya di papan skor saat ia mengawali pergerakan menyerang dengan operan tumit kepada Goretzka, yang kemudian mengecoh Rafael Czizhos dan mengirimkannya kembali kepada Lewandowski untuk dikonversi menjadi gol pada menit ke-33.

Cologne yang tidak pernah merepotkan kiper Manuel Neuer pada babak pertama, kemudian mampu mengemas gol untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-49. Miskomunikasi antara David Alaba dan Jerome Boateng memudahkan Ondrej Duda mengirim operan kepada Ellyes Skhiri, yang menaklukkan Alphonso Davies sebelum melesakkan bola ke gawang Bayern.

Pelatih Flick memasukkan Serge Gnabry dan Thomas Mueller untuk menambah daya gedor timnya. Mueller lantas mengirim umpan kepada Lewandowski untuk dibukukan menjadi gol ketiga Bayern pada menit ke-45.

Neuer sempat melakukan kesalahan untuk membuat Dominick Drexler berpeluang mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan Cologne, namun sepakannya gagal berbuah gol.

Justru Bayern yang memperbesar keunggulan pada sepuluh menit terakhir laga. Pertama dari sepakan jarak dekat Gnabry pada menit ke-82, dan pemain yang sama kemudian mengemas gol keduanya pada menit ke-86 untuk memastikan kemenangan meyakinkan Bayern.

Dortmund catatkan kemenangan kedua beruntun

Pada pertandingan yang dimainkan pada jam yang sama, Borussia Dortmund mencatatkan kemenangan kedua secara beruntun, saat mereka menang 3-0 atas tamunya Arminia Bielefeld.

Dortmund gagal mengemas gol pada babak pertama. Mereka baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-48, ketika Jadon Sancho menggiring bola di sisi kiri dan mengumpankannya kepada Mahoud Dahoud untuk dikonversi menjadi gol.

Baca juga: Marco Reus: Erling Haaland seperti mesin untuk Dortmund

Tuan rumah menggandakan keunggulan sepuluh menit berselang dari titik putih. Pelanggaran yang dilakukan Amos Pieper kepada Marco Reus di kotak terlarang membuat wasit memberikan hadiah penalti kepada Dotmund. Eksekusi penalti dilakukan dengan sempurna oleh Sancho, untuk menjadi gol pertamanya di Liga Jerman yang tercipta dari penalti.

Pemain pengganti Dortmund Reinier melengkapi kemenangan timnya pada menit ke-81. Pemain pinjaman dari Real Madrid itu menerima operan dari Erling Haaland untuk kemudian dikemas menjadi gol.

Kemenangan itu mengangkat Dortmund satu strip ke posisi kelima dengan 39 poin, sedangkan Arminia masih berada di posisi ke-16 dengan 18 poin.

Baca juga: Wolfsburg naik ke posisi ketiga usai menang di markas Arminia

Wolfsburg juga mendulang kemenangan kedua secara beruntun pada putaran ke-23, melalui kemenangan 2-0 atas tamunya Hertha Berlin.

Kemenangan tersebut membuat Wolfsburg menduduki posisi ketiga dengan 45 poin, sedangkan Hertha memperpanjang catatan kekalahannya menjadi dua laga berturut-turut.

Gol pembukaan Wolfsburg tercipta akibat gol bunuh diri Lukas Kluenter pada menit ke-38, sebelum Maxence Lacroix mengemas gol kedua mereka pada menit ke-89.

Sebagaimana Dortmund dan Wolfsburg, VfB Stuttgart juga mencatatkan kemenangan kedua beruntunnya saat mereka menang besar 5-1 atas tim raksasa tidur Schalke 04.

Raihan tiga poin membawa Stuttgart naik ke posisi kesembilan dengan 32 poin, sedangkan Schalke semakin terpuruk di posisi juru kunci dengan sembilan poin.

Baca juga: Direktur olahraga Schneider tinggalkan Schalke akhir musim ini

Pemain Jepang Wataru Endo membuka keunggulan Stuttgart melalui golnya pada menit kesepuluh. Endo lantas melengkapi dwigol dengan membukukan gol selanjutnya pada menit ke-26.

Sasa Kalajdzic memperbesar keunggulan Stuttgart melalui golnya dengan memanfaatkan assist Borna Sosa pada menit ke-34, dan Schalke mengemas gol hiburan sebelum babak pertama usai, melalui gol Sead Kolasinac pada menit ke-40.

Schalke sempat mendapat berpeluang kembali memperkecil ketertinggalan pada menit ke-72 saat mereka mendapat hadiah penalti, sayangnya eksekusi Nabil Bentaleb gagal berbuah gol.

Justru Stuttgart yang mampu menambah keunggulan pada fase akhir laga. Philipp Klement mendapat umpan dari Endo untuk membukukan gol pada menit ke-88, dan Endo kembali menjadi pengumpan bagi gol Daniel Didavi pada menit ke-92.

Baca juga: David Alaba tinggalkan Bayern Muenchen akhir musim ini

Baca juga: Marco Rose tinggalkan Gladbach untuk latih Dortmund musim depan

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © OLEHKABAR 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *