Bantu Pemulihan Kesehatan Warga, NU Pekalongan Gelar Pengobatan Massal

  • Bagikan

Pekalongan, NU Online  

Banjir yang melanda wilayah Kecamatan Tirto, Wonokerto, dan Siwalan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah sejak awal Februari 2021 kemarin kini sudah mulai surut. Namun, akibatnya masyarakat terdampak banjir mulai merasakan adanya gangguan kesehatan.


Menyikapi hal itu, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pekalongan bergerak cepat dengan menggelar kegiatan ‘Pengobatan Gratis’ di MWCNU Tirto pada Rabu (3/3).


“Seluruh potensi yang dimiliki NU yakni Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) beserta seluruh Badan otonom NU (Muslimat, Fatayat, Ansor, IPNU, dan IPPNU) kami kerahkan,” ujar Ketua PCNU Kabupaten Pekalongan KH Muslikh Khudlori.


Disampaikan, kegiatan pengobatan massal merupakan kegiatan lanjuti NU Peduli Kemanusiaan yang telah berlangsung selama musibah banjir terjadi sejak 1 bulan terakhir.

 

“Kegiatan pengobatan gratis bagian dari rangkaian aksi NU Peduli yang sudah berjalan sejak awal bulan Februari 2021. Di mana pada tahap awal ada aksi evakuasi warga terdampak banjir, kemudian dilanjutkan aksi penyaluran sembako senilai 300 juta lebih,” terangnya.


Dijelaskan, usai banjir yang menimpa warga, NU Peduli kemanusiaan masih terus berlanjut membantu masyarakat dengan NU Peduli bersih-bersih tempat ibadah, aksi NU Peduli kesehatan, dan aksi NU Peduli pendidikan.


“Rencana kegiatan pengobatan gratis ini juga akan dilaksanakan di wilayah terdampak banjir di Kecamatan Wonokerto dan Siwalan. Saat ini sedang dilakukan berbagai persiapan, termasuk tenaga medis dan obat-obatan,” jelasnya.


Ketua PC LPBINU Kabupaten Pekalongan Eko Prasetyo menjelaskan, pengobatan gratis di Ranting NU Mulyorejo mendapat sambutan antusias dari warga di tiga desa yakni Mulyorejo, Tegaldowo, dan Jeruksari.


“Ada 250 warga yang mendapatkan pengobatan dari tim medis LKNU yang dipimpin dr H Sutanto. Alhamdulillah tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit, keluhannya hanya sekitar penyakit ringan, gatal-gatal, maupun kecapekan,” ucapnya.


Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Tirto, Kabupaten Pekalongan Multazam mengaku gembira warganya mendapat perhatian dari PCNU. Pasalnya, banjir yang melanda sebagian wilayah Tirto dan kini masih tergenang menjadikan warganya mulai terserang berbagai penyakit.


“Semoga kegiatan pengobatan gratis menjadikan warga Tirto khususnya di 3 Ranting NU cepat sembuh dan sehat sehingga bisa beraktivitas seperti semula,” pungkasnya.

 

Pewarta: Abdul Muiz

Editor: Musthofa Asrori

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *