Bak Kilat, Ratusan Anggota Banser Nganjuk Gerak Cepat Tanggulangi Bencana

  • Bagikan
banner 468x60

Nganjuk | OlehKabar.com – Musibah banjir dan tanah longsor yang menimpa 4 Kecamatan di Kabupaten Nganjuk beberapa waktu lalu membangkitkan rasa keprihatinan dan kepedulian banyak pihak.

Aksi kepedulian antara lain dilakukan Satuan Koordinasi Cabang Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang menerjunkan ratusan anggotanya ke lokasi banjir dan tanah longsor sejak hari pertama, Ahad (14/2/2021).

Timbulnya banyak korban berikut kerusakan rumah warga yang parah akibat musibah ini, membuat jumlah personel Banser Tanggap Bencana (Bagana) yang diterjunkan juga ditambah. Selain dari Nganjuk, tercatat puluhan anggota Banser dari luar Kabupaten Nganjuk juga berdatangan.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Nganjuk Moh. Rifai, menyampaikan anggota Banser antara lain diterjunkan di lokasi tanah longsor di Desa Selopuro, Kecamatan Ngetos), lokasi banjir Berbek, dan Nganjuk Kota.

Rifai menambahkan, Banser juga ditugaskan di posko logistik, dapur umum, membersihkan rumah warga, masjid dan fasilitas umum yang terdampak banjir.

“Sesuai intruksi Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Nganjuk, kita terpanggil dengan menerjunkan para anggota untuk membantu saudara kita yang sedang tertimpa musibah,” kata Rifai pada Rabu (17/2/2021).

Sementara itu, Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Nganjuk Muhari Sujud, mmengatakan jika salah satu fungsi Unit Banser Tanggap Bencana (Bagana) adalah sebagai wadah untuk melakukan aksi-aksi sosial-kemanusiaan penanggulangan bencana.

“Anggota Bagana merupakan kader-kader Banser tangguh yang telah dibekali dengan pengetahuan teknis kebencanaan,” kata Muhari.

Tentu saja, lanjut Muhari, Bagana tidak berbakti sendirian tetapi bersinergi dengan pihak-pihak lain.

“Seperti yang kita tahu di lapangan, teknis disaster management Banser selalu berkoordinasi dengan TNI, Polri, Perhutani, Banom NU, dan Pemdes setempat dan pihak-pihak terkait lainnya,” pungkasnya.

Editor: Hafidz Yusuf

Digiqole ad Digiqole ad

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *