Aplikasi Snack Video dan Skema Bisnisnya: Termasuk Money Game?

  • Bagikan

Beberapa email dan pesan lewat media sosial mengalir membanjri akun media sosial penulis untuk membahas mengenai aplikasi Snack Video (SV). Dari hasil penelusuran lewat sejumlah media arus utama, penulis mendapati bahwa aplikasi ini menawarkan pendapatan dengan menonton video. Video ini merupakan video yang berbasis konten unggahan pengguna aplikasi. Alhasil, alur transaksinya menyerupai Youtube dan tidak sebagaimana Vtube.

 

Keunikan dari aplikasi ini adalah pihak yang menonton video, juga dibayar oleh si pengembang platform. Ini yang membedakannya dengan Youtube yang hanya membayar pemilik konten. Sekilas menjadi serupa dengan Vtube. Ditambah lagi ada anjuran untuk mengundang (invite) teman.

 

Permasalahan yang mesti dijawab dalam bingkai fiqih adalah dari mana uang yang digunakan untuk menggaji para penonton SV ini? Dan apa tujuan dari aksi referral tersebut?

 

Mengapa pertanyaan ini penting? Sebab, Islam melarang memakan harta orang lain secara bathil.

 

Baca juga:

 

 

Sekilas Aplikasi Snack Video (SV)

Aplikasi Snack Video merupakan platform yang diproduksi dari Beijing, China, di bawah payung usaha Kuaishou Technology dan didukung oleh raksasa Tencent Holding selaku investor. Melihat model tampilan penyajiannya, aplikasi ini menjadi saingan utama dari Tik Tok, yang juga menyajikan kreator konten yang sama dan berbasis kreasi video singkat dengan durasi waktu tonton tidak lebih dari 57 detik. Batasan konten kreator ini ditetapkan sendiri oleh pihak perusahaan.

 

Peluncuran aplikasi dilakukan semenjak 7 Agustus 2019, dan dapat diunduh lewat Google Play Store. Hingga tulisan ini dimuat, tercatat bahwa aplikasi tersebut sudah diunduh sebanyak 100 juta kali oleh pengguna, semenjak pertama kali diluncurkan.

 

Cara Menghasilkan Uang dari Snack Video

Setidaknya ada dua alur penghasilan dari aplikasi ini. Pertama, penghasilan bagi creator content. Kedua, penghasilan bagi setiap masyarakat yang menginstal aplikasi. Kita awali dulu dari bahasan penghasilan setiap masyarakat yang menginstal aplikasi.

 

Penghasilan Setiap Penginstal Aplikasi Snack Video

Penghasilan setiap penginstal aplikasi SV ini pada dasarnya hampir sama dengan penghasilan bagi penginstal aplikasi Shopee. Para pengguna secara otomatis mendapatkan penghasilan berupa Koin setiap kali check-in ke dalam aplikasi.

 

Penghasilan berikutnya didapat setelah melakukan misi menonton video yang direkomendasikan (promo) oleh pihak perusahaan selama 15 menit setiap harinya, kemudian menyematkan tanda like (suka) atau follow (mengikuti) akun rekomendasi.

 

Penghasilan lainnya didapat dengan jalan mengundang dan mendaftarkan teman di snack video, dan selanjutnya mendapatkan uang senilai 52.600 rupiah (menyesuaikan dengan promo dari SV) secara tunai. Prosedur mendaftarkan teman tersebut, antara lain dengan jalan mengklik tautan http://sck.io/WrdvaK4J [arsip]. Selanjutnya, klik “Dapatkan Uang”, menuju ke Playstore, dan instal aplikasi SV.

 

Berikutnya, pihak yang mendaftarkan masuk dengan akun yang dimilikinya, lalu pergi ke Beranda (home), dan sesaat kemudian ada koin yang melayang, lalu pencet. Berikutnya adalah memasukkan kode undangan yang sebelumnya sudah dibagikan ke peserta yang didaftarkan. Selepas prosedur itu berhasil dilakukan, sesaat kemudian, pihak yang mendaftarkan akan mendapatkan koin sebesar 165.000, setara dengan 3.300 rupiah.

 

Catat, nilai konversi 50 koin SV adalah setara 1 rupiah! Alhasil, jika Anda memiliki 1000 koin SV maka itu sama nilainya dengan 20 rupiah; 500.000 koin SV setara dengan Rp10.000; 750.000 koin SV = Rp15.000; 1.000.000 koin SV = Rp20.000; 2.500.000 koin SV = Rp50.000; 10.000.000 koin SV = Rp200.000; dan 50.000.000 koin SV = Rp1.000.000.

 

Penghasilan penginstal aplikasi dari setiap menyelesaikan misi yang disampaikan oleh SV dapat berbeda-beda. Terhitung sejak hari pertama misi itu dijalankan, sampai dengan hari ke-30, imbal hasil itu dapat berbeda setiap harinya. Mirip dengan Koin Shopee dari setiap check-in aplikasi setiap harinya. Semakin meningkat seiring waktu check-in, dan kembali dari 0, bilamana check in ini terputus oleh hari.

 

 

Penghasilan Content Creator

Sebagaimana yang telah disampaikan di atas, Snack Video merupakan salah satu platform penghasil konten video berdurasi singkat, kurang lebih 52 detik. Konten video ini pada dasarnya dimaksudkan sebagai hiburan, namun beberapa tampilan iklan promosi dari Snack Video jelas menampilkan konten yang mengumbar sensualitas. Sebagian yang lain, ada yang memang murni video lucu dan dimaksudkan untuk menghibur semata, tanpa ada sensualitas yang dipertontonkan.

 

Pendapatan yang diperoleh oleh konten kreator dapat diperoleh dengan jalan membuat konten live streaming. Setiap konten video live streaming seperti ini akan dihargai dalam bentuk pemberian komisi (reward) berupa Koin SV, di mana setiap koin yang didapatkan dapat ditukar dengan uang tunai yang berlaku sebagaimana nilai konversi yang telah disebutkan di atas, yaitu 1 rupiah per 50 Koin SV.

 

Darimana asalnya reward ini? Jika disimak lebih lanjut, pada dasarnya reward itu diberikan oleh follower (pengikut) yang menonton video yang dibagikan oleh content creator. Reward itu disampaikan dalam bentuk sticker yang bisa ditukarkan dengan dengan Koin SV, dan selanjutnya dapat ditukar dengan uang tunai. Alhasil, semakin banyak follower dan viewer, semakin banyak pula pendapatan content creator.

 

Sebagai catatan bahwa untuk bisa memberikan reward kepada content creator ini, pihak pengguna aplikasi harus melakukan top up Diamond ke Snack Video. Besaran top up-nya beragam. Berdasarkan video youtube yang disampaikan oleh salah seorang user Snack Video, nilai top up terhitung mulai dari harga 16 ribu rupiah, atau setara dengan nilai 800 ribu koin SV.

 

Dalam hemat penulis, nilai top up ini barangkali yang menjadi sasaran perhatian dari pihak Satgas Waspada Investasi beberapa waktu ini. Sekilas memang tidak masalah memberikan hadiah kepada seseorang. Perbandingannya, mungkin adalah dengan keberadaan Koin Shopee yang juga bisa dibeli oleh pelapak di Shopee dan bisa diberikan oleh pelapak kepada pembeli dalam bentuk reward atau Voucher Cashback. Nah, masalahnya adalah reward di SV ini datangnya dari user. Sementara di Shopee, reward itu datangnya dari pelapak.

 

Penting diketahui bahwa top up ini menjadi satu keharusan bagi user seiring video rekomendasi yang disampaikan oleh pihak Platform. Untuk bisa memberikan gift itu, pihak user harus membeli diamond dengan harga yang beragam. Misalnya, untuk sticker love senilai 1 diamond, sate 20 diamond, nasi goreng 30 diamond, handphone 50 diamond dan mobil 1999 diamond.

 

Adapun rincian harga diamond tersebut adalah:

  • 70 diamond senilai Rp16.000,
  • 490 diamond Rp109.000,
  • 1.400 diamond Rp309.000,
  • 4.200 diamond Rp990.000 dan
  • 7.000 diamond Rp1.585.317.

 

Alhasil, apresiasi user terhadap kreator konten adalah apresiasi berbayar. Di Youtube, Anda melakukan subscribe atau memberikan tanda like atau dislike sebagai sesuatu yang gratis. Demikian halnya dengan di facebook. Anda memberikannya juga secara gratis. Namun di SV, untuk menyematkan tanda jempol, Anda harus membayar ke yang Anda jempol.

 

Penukaran Koin Snack Video Menjadi Uang Tunai

Jika menilik dari tampilan yang disajikan oleh aplikasi SV, sebenarnya penukaran ini sudah tidak diperlukan lagi, sebab pihak SV sudah langsung menampilkan tampilan konversinya di layar. Alhasil, pihak pengguna aplikasi SV, tinggal mencairkan sesuai jumlah Koin SV yang dikehendaki penarikannya (withdrawl). Berikut ini adalah langkah-langkah penarikannya, yaitu:

  1. Membuka buka aplikasi Snack Video
  2. Pastikan koin sudah dikonvert otomatis oleh sistem Snack Video
  3. Ketuk Saldo Snack Video
  4. Klik Menarik
  5. Silahkan Anda siapkan nomor hanpphone yang telah terdaftar di OVO Premier
  6. Selanjutnya pilih nominal yang hendak dicairkan
  7. Klik Tarik.

Catatan: Penarikan minimal setiap harinya adalah sebesar 15 ribu rupiah dan maksimal 50 ribu rupiah dengan jumlah penarikan hanya satu kali per 24 jam.

  1. Lakukan verifikasi nomor yang telah terdaftar di Snack Video dan E-Wallet anda
  2. Ketuk verify dan Anda akan menerima sebuah kode verifikasi
  3. Masukkan kode verifikasi tersebut pada form yang disediakan
  4. Pilih metode penarikan > klik Confirm
  5. Terakhir, Anda bisa klik Kas Keluar

 

Penukaran Reward Menjadi Uang Tunai

Menyimak dari seluruh pola yang ada, kesimpulan sementara dari permasalahan awal yang disampaikan oleh penulis dalam konteks ini adalah:

  1. Uang yang diberikan kepada para penginstal aplikasi Snack Video ini berasal pihak perusahaan. Namun untuk kebenaran ini, masih perlu penelusuran lebih lanjut, seiring ada peringatan dari Satgas Waspada Investasi (SWI). Dalam penelusuran penulis, sumber kecurigaan Tim SWI ini adalah karena adanya biaya top up Diamond dengan dalih memberikan reward kepada content creator. Alhasil, pendapatan content creator berasal dari user lain. Jika hal tersebut dikaitkan dengan adanya pola mengundang teman dan kode referral, maka ada kemungkinan bahwa dalam aplikasi SV ini terdapat unsur money game-nya.
  2. Meskipun secara sekilas, SV tidak menunjukkan secara terang-terangan praktik money game, namun pihak pengguna tetap disarankan waspada terhadap aplikasi semacam, sebab keharusan menyertakan data pribadi dan nomor rekening personal adalah kunci utama bagi keselamatan data personal dan data pribadi lainnya.

 

Karena berada di wilayah yang masih abu-abu, antara money game dan tidak, maka dalam konteks ini, kita akan fokus mengkajinya dari sisi akad. Adakah praktik terselubung di dalam SV ini? Bagaimana hal itu terjadi? Kita kupas dalam kesempatan tulisan berikutnya.

 

 

Muhammad Syamsudin, Peneliti Bidang Ekonomi Syariah – Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *