Android 12 versi pratinjau pengembang isyaratkan kehadiran Pixel 6 XL?

  • Bagikan
Jakarta (OLEHKABAR) – Pratinjau pengembang Android 12 pertama dirilis pekan lalu, dan dikabarkan membawa antarmuka atau User Interface (UI) dengan mode “silky home” yang menjadi pertanda bahwa sistem operasi tersebut akan melayani layar Android berukuran lebih besar yang menjadi pertanda kehadiran Pixel 6 XL tahun ini.

Dikutip dari Phone Arena, Senin, “silky home” adalah mode yang memungkinkan penggunaan dengan satu tangan. Konten akan dipindahkan ke bagian bawah sehingga memudahkan pengoperasian ponsel layar besar.

Mode ini kabarnya tersembunyi di pengaturan UI. Elemen tersebut di tempatkan di dekat bagian bawah untuk mengaktifkan tanda fitur “silky home.”

Baca juga: Android garap fitur hibernasi untuk kurangi ukuran aplikasi

Pratinjau pengembang Android 12 membawa UI tersembunyi yang mirip dengan One UI milik Samsung. Bagi yang tidak terbiasa dengan One UI, perangkat lunak ini dirancang untuk menghadirkan elemen antarmuka seperti tombol, matikan, kotak centang, ikon, penggeser, bilan dan posisinya lebih dekat ke bagian bawah layar.

Dengan cara ini pengguna tidak perlu susah payah menggerakkan jari untuk mengetuk salah satu elemen ini di bagian atas layar.

Terlepas dari hal itu, tidak ada kabar lainnya yang mengindikasikan Google akan membawa penerus Pixel dengan layar besar. Sementara, update fitur tersebut bisa saja digunakan pada ponsel Android lainnya yang memiliki layar raksasa.

Selain fitur untuk tampilan layar, berdasarkan kode tersembunyi yang ditemukan di Pratinjau Pengembang pertama Android 12, sistem operasi terbaru itu kabarnya membawa kemampuan pemindai sidik jari dalam layar dan sistem pengenal wajah, yang kemungkinan akan dibenamkan pada Pixel 6.

Sebelumnya Pixel 4 hanya dibekali Face Unlock saat memutuskan untuk mencopot sensor sidik jari. Namun, pada Pixel 5 hal itu terbalik, dengan menghapus Face Unlock dan membawa kembali pemindai jari yang menghadap ke belakang.

Sementara, kode dalam pratinjau pengembang menyebutkan pendaftaran kedua fitur keamanan tersebut, yakni Face Unlock dan buka kunci dengan sidik jari. Namun, adanya kode tersebut bukan berarti ada jaminan Google akan membawa fitur tersebut mengingat Android 12 tersebut masih dalam tahap pratinjau pengembang yang pertama.

Baca juga: Waspada aplikasi menyamar Clubhouse for Android

Baca juga: Google garap fitur anti-pelacakan untuk Android

Baca juga: Volvo ajak pengembang Android buat aplikasi untuk mobil

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © OLEHKABAR 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *