66 tahun silam Allen Fieldhouse gelar pertandingan basket pertama

  • Bagikan
Jakarta (OLEHKABAR) – Hari ini, 66 tahun silam, Allen Fieldhouse, arena tertutup di kampus University of Kansas di Lawrence, Kansas, yang menjadi rumah bagi tim bola basket putra dan putri Kansas Jayhawks, menggelar pertandingan bola basket pertamanya.

Dalam pertandingan tersebut Jayhawks mengalahkan saingannya Kansas State 77-66, menurut laman resmi Kansas Athlectics.

Nama Allen Fieldhouse diambil untuk menghormati mendiang Dr. F.C. “Phog” Allen, yang menjadi pelatih kepala Jayhawks selama 39 tahun.

Baca juga: Kala trofi NBA diboyong ke ibu kota Amerika Serikat 42 tahun silam

Tanggal 1 Maret dalam dunia olahraga juga mencatatkan berbagai sejarah. Dikutip dari Associated Press, pada 1934, Primo Carnera mempertahankan gelar tinju kelas berat dunianya dengan keputusan bulat 15 ronde atas Tommy Laughren di Miami.

Pada 1948, tim bola basket NYU, satu-satunya tim nasional AS yang tidak terkalahkan pada saat itu, dikalahkan oleh Notre Dame 64-59 di Madison Square Garden, New York.

Lebih lengkap, berikut catatan dalam sejarah olahraga yang terjadi pada tanggal 1 Maret.

1969 – Tuesday Testa menjadi joki wanita pertama yang memenangi perlombaan di lintasan utama American Thoroughbred saat dia mengendarai Buz On untuk meraih kemenangan pada balapan ketiga di Santa Anita Park.

1973 – Robyn Smith menjadi joki wanita pertama yang memenangi perlombaan taruhan saat dia mengendarai North Sea menuju kemenangan di Paumonok Handicap di Aqueduct Race Track di New York.

1983 – Tamara McKinney menjadi pemain ski wanita Amerika pertama yang memenangi kejuaraan Piala Dunia secara keseluruhan.

1986 – Billy Cunningham, Tom Heinsohn dan Red Holzman masuk ke Basketball Hall of Fame.

1988 – Wayne Gretzky dari tim hoki es Edmonton Oilers menjadi assist terbaik sepanjang NHL, memecahkan rekor lama Gordie Howe.

1996 – Lenny Wilkens dari Atlanta menjadi pelatih NBA pertama yang meraih 1.000 kemenangan dalam karir, saat Hawks mengalahkan Cleveland 74-68.

Baca juga: Stephen Curry kukuhkan diri raja tripoin final NBA dua tahun lalu

2000 – Dengan pendatang baru berusia 26 tahun, Dean Barker, di pucuk pimpinan kapal Black Magic, Selandia Baru mengarungi sejarah Piala Amerika, menjadi negara pertama selain Amerika Serikat yang mempertahankan trofi tertua dalam olahraga tersebut.

2001 – Jackie Stiles dari Southwest Missouri State menjadi pemimpin pencetak angka dalam asosiasi NCAA untuk bola basket wanita. Total karirnya mencapai 3.133 poin, dengan 30 poin dalam kemenangan 94-59 Southwest Missouri State atas Creighton.

2003 – Roy Jones Jr. mengalahkan John Ruiz, menjadi juara kelas berat ringan kedua yang memenangi gelar kelas berat. Jones menang 12 ronde dengan suara bulat untuk merebut mahkota kelas berat WBA.

2006 – Los Angeles Clippers menahan New Orleans, dan rekor NBA terendah 16 poin di paruh kedua dari kemenangan 89-67.

2014 – Jaromir Jagr menjadi pemain ketujuh yang mencetak 700 gol dalam kejuaraan hoki NHL saat New Jersey Devils menang 6-1 atas New York Islanders.

2015 – Kiley McKinnon dan Mac Bohonnon memberikan Amerika Serikat gelar ganda pertamanya di Piala Dunia dalam ski udara. McKinnon menjadi wanita AS pertama yang memenangkan Piala Dunia sejak Nikki Stone pada 1998, sementara Bohonnon adalah pemenang pria Amerika pertama sejak Jeret “Speedy” Peterson pada 2005.

Baca juga: Hari ini Knicks juara NBA, lantas berpuasa hampir lima dasawarsa

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © OLEHKABAR 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *