21 Usaha yang Langka tapi Menguntungkan 2021 – CryptoHarian

  • Bagikan

Apakah Anda ingin berbisnis tapi bingung harus menggeluti sektor apa? Seperti yang kita ketahui, hampir semua jenis usaha sudah tersedia di permukaan bumi ini, dari bisnis yang berfokus di area finansial, hukum, kuliner, edukasi, teknologi, hiburan, kreatif, apapun itu. 

Kemudian kita bertanya, adakah peluang lain? – mungkin segmen bisnis alternatif yang belum terlalu saturated dan kemungkinan untuk suksesnya masih tinggi? Tentu ada. Berikut kami berikan daftar usaha yang masih langka namun dapat mendatangkan pendirinya pendapatan yang fantastis. 

21 Usaha Langka Tapi Menguntungkan

1. Penulis Artikel Online

Anda dapat mendapatkan pendapatan fantastis hanya dengan menulis artikel. Online freelance writer menulis untuk situs yang membutuhkan artikel, atau Anda dapat mengarang karya tulis sendiri dan menerbitkannya di penerbitan. 

Jenis usaha langka yang satu ini (online freelance writer) tidak menuntut Anda mengeluarkan modal besar. Anda hanya memerlukan koneksi internet, laptop dan kegigihan. Meskipun demikian, penulis yang berkualitas harus mempunyai kemampuan literasi yang baik, dalam arti memahami EYD, merangkai ide dan kata dengan baik sehingga pesannya mudah dicerna. 

2. Jasa Montir Panggilan

Jasa perawatan kendaraan memang sangat banyak, namun jasa perawatan kendaraan panggilan masih sangat jarang. Seperti yang kita ketahui, jika Anda berdomisili di kota besar, semua penghuninya mempunyai kendaraan pribadi. 

Jika Anda mempunyai keterampilan, keahlian dan pengetahuan tentang dunia otomotif, jadikan hal tersebut sebagai usaha montir panggilan. Mengapa usaha langka ini berpotensi sukses? Ilustrasinya adalah jika masyarakat kota mengalami mogok kendaraan atau rusak ditengah jalan, sedangkan jarak bengkel masih jauh, Anda dapat datang dan menyelesaikan permasalahan mereka. 

Atau jika pelanggan ingin membersihkan kendaraan pribadinya tanpa harus keluar rumah, Anda dapat mendatangi kediaman mereka dan melakukan pekerjaan Anda. Jenis usaha langka yang satu ini memang masih langka. 

3. Bisnis Pohon Bonsai

Pohon hias mempunyai harga yang mahal dan sebagian besar pelanggannya adalah kalangan individu menengah keatas. Budidaya bonsai ini, jika mampu ditekunin dengan baik akan menghasilkan Anda pemasukan menarik.

Anda dapat membuat tanaman hias bonsai dari berbagai jenis tanaman, sehingga pilihan tumbuhannya banyak untuk pelanggan. Keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha langka pohon bonsai adalah ratusan juta atau lebih. 

Yang terpenting adalah Anda mempunyai koneksi bisnis yang baik dan memang menyukai budidaya bonsai. Karena akan sulit jika kita sendiri tidak mengerti seluk beluk tentang pohon bonsai kemudian berharap mendapatkan pundi-pundi kekayaan. 

Jadi pastikan Anda mempunyai dana dingin dan entusiasme untuk mempelajari jenis bisnis yang satu ini. 

4. Jasa Titip (JasTip)

Jika Anda sering berpergian ke luar negeri atau berdomisili di kota besar yang persediaan barang-barangnya sangat lengkap, maka gunakan kesempatan ini untuk membuka usaha jasa titip.

Masyarakat lokal senang melakukan browsing via internet menelusuri situs-situs luar negeri seperti AliBaba, Taobao, Amazon, kemudian melihat akun Instagram luar negeri yang menual baju online, ataupun menonton pertunjukan mancanegara dan menyukai produk branded yang mereka lihat.

Produk-produk tersebut belum tentu tersedia di tanah air, bisa jadi mereka melihat gadget elektronik seperti robot pembersih rumah dan ingin membeli namun tidak mempunyai akun Paypal atau tidak mengerti pembayaran online antarnegara. Halangannya kemudian berlanjut, kita tahu pelanggan demikian tidak ingin terlalu repot. 

Oleh karenanya, Anda dapat menggunakan masalah tersebut dengan menyediakan bisnis jasa titip dan mendapatkan margin dari produk yang mereka titip beli. Bisnis ini sangat dicari dan Anda bisa selalu menargetkan pasar menengah keatas karena mereka gemar berbelanja produk luar negeri. 

Usaha langka ini sudah digeluti banyak orang, selain jalan-jalan, anda juga dapat menghasilkan uang

5. Mendengar Curhat

Usaha langka ini dapat kita katakan seperti jasa mendengarkan keluh kesah dari orang lain. Ini berarti Anda juga dituntut untuk mempunyai kemampuan memahami individu lain, kemampuan berbicara, hati yang terbuka, skill problem solving (untuk memberi masukan), kebijaksanaan dan ketenangan pikiran. 

Jaman modern ini, dimana tekonologi semakin berkembang pesat dan taraf hidup manusia semakin tinggi – manusianya justru semakin tertekan. Kejiwaan dan peradaban kita tidak terlalu baik. 

Banyak professional muda, veteran berkedudukan tinggi, pasangan berkeluarga hingga anak muda yang mengalami kepusingan, kesulitan, tekanan dari masyarakat dan media. Mereka kemudian tidak tahu harus menuangkan kekesalan, kegelisahan dan ketakutan mereka dimana. Bahkan mereka tidak bisa terbuka kepada orang terdekat sekalipun. 

Jika Anda mempunyai kekuatan untuk menenangkan, menyegarkan, memberikan semangat kepada orang lain – jadilah orang itu. Dunia ini memerlukan orang-orang yang mendorong orang lain untuk terus berjuang dan optimis. 

Kita mempunyai kesempatan yang lebih besar karena bantuan teknologi. Anda dapat melakukan jenis usaha langka ini via video call atau lebih baik jika bisa langsung berhadapan dengan orangnya. 

6. Penyewaan Alat Fotografi

Perlengkapan fotografi kian dicari oleh masyarakat modern. Banyak yang ingin menjadi fotografer freelance, wedding photographer atau Youtuber. Melihat pergerakan minat pekerjaan bergeser, kita menemukan peluang langka disini.

Anda dapat menyediakan jasa sewa alat fotografi dengan memikirkan mereka yang ingin berjuang di industri terkait namun terkendala biaya. Seperti yang kita ketahui, peralatan fotografi tidak murah. 

Mereka yang memilih menggunakan peralatan fotografi mempunyai alasan yang kuat. Hasil jepretan DSLR jelas beda dan lebih berkualitas. Jika membeli peralatan sendiri akan sangat mahal dan menyewa alat fotografi menjadi pilihan baik. 

Usaha langka bidang ini cocok untuk Anda yang tinggal di kota besar karena yang menyewakan jasa sewa alat fotogragfi masih sangat minim. Kebanyakan masyarakat kota, Jakarta terutama, berfokus di bidang kuliner. Kini Anda dapat melakukan sebaliknya dengan berfokus di bidang penyewaan peralatan fotografi. 

7. Jasa Penitipan Anak

Meskipun tempat penitipan anak bukan pilihan umum bagi orang tua di Indonesia, karena rendahnya biaya memiliki pengasuh pribadi atau pengasuh anak di rumah, penitipan anak tetap tersedia dan menjadi pilihan beberapa orang tua yang sibuk bekerja. 

Ketika orang tua meninggalkan anaknya di tempat penitipan anak yang dikelola secara profesional, mereka diyakinkan bahwa anak mereka akan dirawat oleh pengasuh yang terlatih. Ini mungkin tidak terjadi ketika seorang pembantu rumah tangga atau pengasuh menjaga anak-anak Anda di rumah Anda.

Tempat penitipan anak yang dikelola dengan baik dapat menyediakan lingkungan yang mungkin tidak ada di rumah pribadi dengan seseorang yang tidak memiliki pelatihan perkembangan anak formal, pendidikan terbatas, dan tidak ada pelatihan darurat. 

Tempat penitipan anak yang dikelola secara profesional bukan hanya fasilitas penitipan anak. Mereka menyediakan lingkungan pengasuhan yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak melalui kegiatan terencana yang sesuai dengan usia dan penguatan positif. 

Tahun-tahun awal kehidupan seorang anak merupakan masa yang sangat penting dalam perkembangan imajinasi dan kreativitas anak. Pengasuh yang terlatih dapat membantu menanamkan rasa ingin tahu, dan harga diri serta mendorong kepercayaan diri pada anak kecil Anda.

Ada banyak alasan untuk menempatkan bayi atau balita dalam perawatan orang selain orang tuanya, tetapi keputusan untuk melakukannya tidak boleh dianggap enteng. 

Saat mencari tahu apakah opsi ini tepat untuk Anda, kualitas pengasuhan sangat penting, dan orang tua harus melakukan riset mandiri mereka untuk memastikan bahwa kebutuhan fisik, sosial, dan emosional bayi mereka akan terpenuhi dengan cara yang paling tepat.

Usaha langka ini bisa sangat ramai jika anda juga mengajarkan anak-anak belajar.

8. Makanan Sehat Cepat Saji

Fast food (makanan cepat saji) adalah kuliner kegemaran kita semua. Fast food pada umumnya identik dengan image yang tidak sehat, karena mengandung kalori yang tinggi, kolesterol dan lemak jenuh. Kita semua menikmati fast food karena ia mudah dibeli, praktis dikonsumsi dan rasanya yang enak. 

Masyarakat modern – terutama mereka yang health conscious (sadar Kesehatan) tentu menyukai makanan cepat saji, namun akan menghargai produk sehat dan bergizi. 

Ini berarti bagi target pasar yang mementingkan kebugaran tubuh, mereka ingin mencari fast food yang cakupan gizinya terkandung baik. Dengan demikian, mereka dapat makan fast food tanpa merasa bersalah dan mendapatkan nutrisi. 

Usaha makanan sehat cepat saji diprediksikan akan menjadi bisnis yang menguntungkan karena masyarakat menjadi lebih sadar tentang Kesehatan dan mengingat. Pikirkan tentang salad buah, sandwich gandum sehat dengan varian isi bergizi atau camilan buah hingga sayur kering. 

Usaha ini tidak begitu langka, namun jarang digeluti banyak orang.

9. Penyewaan Kostum

Penduduk di kota besar sering menghadiri acara-acara. Katakan saja acara ulang tahun, pernikahan, tunangan, lahiran anak, wisuda, peringatan tertentu, anniversary, acara keluarga, acara kantoran, pesta kostum, dan untuk sosialita mungkin harus menghadiri arisan, manggung (panggung), pentas, show biz dan acara tv. 

Beberapa instansi juga mengajak pegawai mereka menggunakan kostum khusus, misalnya kostum tantara atau pakaian adat. 

Kebanyakan orang memilih untuk menyewa kostum daripada harus membeli baru – mengapa? Karena baju itu akan sangat jarang dipakai, mungkin hanya dipakai satu hingga dua kali dalam satu tahun. Jika demikian, tidak ada yang mau membeli kostum baru, tentu alternatif terbaik adalah menyewa. 

Jika Anda dapat menyediakan jasa penyewaan kostum, pikirkan koleksi desain apa yang ingin Anda berikan. Apakah Anda ingin berfokus di penyewaan kebaya, atau gaun pengantin? Cari tahu apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat lokal. 

Usaha langka ini juga sangat cocok di kota kecil, dimana tidak begitu banyak kompetitor.

10. Penyewaan Perlengkapan Bayi

Semua pasangan yang baru menikah biasanya akan lebih kritis dalam pengeluaran keuangan mereka. Banyak dana yang dikeluarkan dari menyicil rumah, kredit kendaraan, hingga biaya-biaya lainnya.

Jika pasangan ini mempunyai bayi, mereka membutuhkan dana lagi untuk membeli perlengkapan yang berkualitas. Kebutuhan bayi tidak terlalu murah – selain itu, setelah bayi beranjak balita dan tumbuh menjadi anak-anak, barang-barangnya tidak terpakai lagi. 

Melihat peluang ini, Anda dapat menawarkan jasa penyewaan perlengkapan bayi untuk memecahkan masalah keluarga belia. Anda dapat memberikan penyewaan perlak bayi, tempat tidur bayi, stroller bayi dan lain-lain. 

Usaha langka ini jarang dilakukan banyak orang. Sangat menguntungkan!

11. Cat Café atau Dog Café 

Pengusaha dan pekerja di kota metropolitan sangat banyak. Mereka sangat sibuk dan level stress dalam pekerjaan juga tinggi. Kita semua membutuhkan tempat untuk beristirahat dan melepas penat. 

Dikatakan bahwa memiliki hewan peliharaan sangat baik untuk menghibur hati dan menghilangkan ketegangan. Kita semua tahu bahwa menghabiskan waktu dengan hewan-hewan lucu itu menenangkan. Meskipun demikian, tidak semua orang mempunyai waktu sebanyak itu untuk memelihara hewan pribadi mereka. 

Oleh karenanya, jika Anda mempunyai modal dan waktu yang banyak, Anda dapat memikirkan cat café atau café hewan lucu. 

Cat Café, memungkinkan pelanggan menikmati teh maupun makanan ringan dan bermain Bersama kucing, ini sudah populer di Taiwan dan Jepang selama bertahun-tahun — sedemikian rupa sehingga di beberapa cat cafe, harus dilakukan reservasi. 

Café ini tidak harus selalu memelihara hewan berkaki empat pada umumnya, Anda dapat melirik hewan lain yang unik seperti burung beo, berang-berang (otter), kelinci dan lainnya. 

Usaha langka yang satu ini sudah ada di Indonesia, namun masih sangat sedikit. Peluang yang sangat bagus untuk dikerjakan, langka tapi menghasilkan uang.

12. Guru Les Privat 

Guru les privat diharuskan memberikan bantuan pendidikan di hampir setiap mata pelajaran untuk siswa dari berbagai usia. Meskipun demikian, Anda juga bisa berfokus pada satu mata pelajaran yang sudah Anda kuasai juga. 

Kunci untuk memulai bisnis bimbingan belajar adalah sedikit investasi dimulai dari satu atau dua siswa dan meminta mereka untuk merujuk Anda kepada orang lain.

Usaha langka ini sudah sangat jarang di Indonesia karena Covid. Terlebih lagi, sudah banyak bimbingan online.

Jika anda percaya kemampuan anda, masih banyak orang mencari guru les privat.

13. Manajer Media Sosial

Mayoritas bisnis, lembaga pendidikan, dan organisasi nirlaba menggunakan media sosial dalam kapasitas tertentu untuk menjangkau audiens mereka, tetapi tidak semua orang ingin terlibat.

Jika Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang berbagai platform sosial dan ingin memberikan layanan yang ditargetkan di area ini, jelajahi cara membuat bisnis manajemen media sosial.

Usaha ini tidak begitu langka lagi di tahun 2021.

14. Penyedia Perbaikan dan Perawatan Komputer

Pikirkan semua penghuni rumah tangga dan bisnis yang memiliki komputer tetapi tidak memiliki ahli teknis internal. 

Jika Anda memiliki latar belakang teknis dan pemahaman ahli tentang komputer, bisnis kecil di bidang perbaikan dan pemeliharaan komputer bisa menjadi ide bisnis yang bagus untuk Anda.

Ini adalah salah satu usaha yang masih sangat langka di Indonesia. Perusahaan besar biasanya lebih suka menggunakan jasa seperti ini karena tidak perlu mengaji karyawan.

15. Freelance Coding

Banyak orang mengembangkan keterampilan dengan software sejak usia dini. Jika Anda adalah salah satunya atau memiliki pendidikan dan keterampilan untuk mendukungnya, Anda dapat mempertimbangkan berkarir sebagai freelancer atau pembuat contract coder. Yang Anda butuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.

Banyak perusahaan beralih ke kontraktor dan freelancer untuk proyek mereka. Jika Anda adalah pemula mungkin membutuhkan beberapa waktu, kecuali Anda sudah sangat terampil. 

Freelancing bisa jadi tidak menguntungkan pada awalnya, tetapi bertahan dengan itu akan terbukti bermanfaat saat Anda mengembangkan basis klien Anda.

16. Kamping Seni Kreatif

Anda dapat menjalankan ini sebagai kamping musiman selama musim liburan sekolah. Tetapi saya merasa lebih sulit menghasilkan banyak uang dari bisnis musiman, jadi saya pertama-tama akan mempertimbangkan untuk menawarkan kamping seni kreatif saat liburan sekolah atau pada akhir pekan. 

Saya menyarankan melakukan survei untuk mengetahui kelompok usia anak-anak apa dan kegiatan seni tertentu apa yang paling menarik.

17. Pelatih Pribadi

Anda bisa mulai sebagai personal trainer di gym lokal. Setelahnya baru mencoba berkarir solo (sendiri). Jika Anda mempunyai keahlian tertentu, itu dapat membantu. Kemudian suatu saat Anda bisa membuka gym sendiri. Mungkin bahkan mewaralabakannya dan menjadi global!

Ini adalah contoh bagus lain dari bisnis dengan permintaan yang meningkat yang dapat Anda mulai dengan sedikit uang dan tanpa pengalaman bisnis.

18. Sewa Kamar

Apakah Anda memiliki kamar ekstra (kosong tidak terpakai) di rumah atau apartemen Anda? Anda bisa menyewakannya setiap hari seperti model Airbnb, atau Anda bisa menyewanya per minggu, atau Anda bisa menyewanya per bulan. 

Kemudian mungkin Anda dapat menggunakan pendapatan tersebut untuk membantu mensubsidi pengeluaran Anda saat Anda memulai bisnis lain!

19. Kursus Seni

Beberapa individu menawarkan pelajaran seni di rumah mereka setelah sekolah selesai. Dia memiliki pelanggan tetap dan mereka membuat beberapa karya seni yang sangat indah. Anda mungkin sudah memiliki spesialisasi seni yang ingin Anda ajarkan kepada orang lain. 

Atau Anda mungkin menemukan bahwa Anda lebih baik mempelajari dasar-dasar keterampilan seni baru dan mengajarkannya, atau menawarkan kursus survei yang mencakup sejumlah keterampilan seni — sebagian besar pasar kemungkinan besar adalah pemula.

Sama seperti les privat, usaha langka ini sudah sangat jarang di Indonesia.

20. Daging dan Produk Dairy Vegan

Fry’s dari Afrika Selatan terkenal dengan udang vegan, roti gulung sosis, burger dan schnitzel mereka. Produknya kini dijual di 8.000 supermarket di 30 negara dan baru akan memasuki pasar AS.

Meskipun Fry’s telah berbisnis hampir 30 tahun, pasar saat ini lebih gempar dari sebelumnya untuk makanan vegan dan vegetarian. Penjualan makanan nabati mencapai lebih dari $3,7 miliar tahun lalu di AS, menurut Nielsen. Daging vegan adalah makanan terlaris, dengan penjualan meningkat 23 persen.

Konon, memang banyak persaingan. Beyond Meat adalah penjual daging vegan terkemuka, dengan penjualan meningkat 70 persen pada tahun 2017.

Pilihan lainnya termasuk memulai bisnis yang berfokus pada produk susu nabati, telur, dan makanan kemasan lengkap. Susu nabati adalah pasar yang sangat kompetitif tetapi krimer, yoghurt, keju, dan es krim adalah kategori yang berkembang pesat.

Usaha ini begitu langka di Indonesia karena jarang orang yang vegan. Namun, niche ini juga ada peminatnya.

21. Bisnis Truk Game

Jika Anda menikmati video game dan berinteraksi dengan anak-anak, menjalankan bisnis truk game berjalan dapat memberikan peluang unik.

Keterampilan manajemen bisnis yang kuat dan kemauan untuk bekerja di akhir pekan juga penting. Meskipun bisnis yang mobile ini bebas dari biaya sewa tempat, biaya perlengkapan truk atau trailer masih cukup besar.

Game adalah industri yang besar dan berkembang pesat, yang berarti potensi pertumbuhan untuk bisnis terkait umumnya kuat.

Setelah ditetapkan, biaya overhead rendah berarti truk permainan dapat menghasilkan banyak uang dari setiap acara. Jika Anda dapat memesan bisnis yang stabil, ada potensi besar untuk menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

Komentar

Usai sudah pembahasan kami mengenai usaha yang langka namun dapat menghasilkan Anda pemasukan berketerusan, dan tentu saja kita semua harus terus berjuang untuk bisa memajukan bisnis tersebut. Salam hangat dan sukses dari kami. 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *