1,4 juta penduduk Indonesia telah divaksinasi COVID-19

  • Bagikan

total sasaran vaksinasi 181.554.465 penduduk atau sekitar 70 persen dari populasi Indonesia sebagai syarat untuk menciptakan kekebalan kelompok terhadap virus COVID-19.

Jakarta (OLEHKABAR) – Sebanyak 1.461.920 orang di Indonesia telah divaksinasi COVID-19 atau bertambah 98.782 penduduk dari hari sebelumnya, sebagai upaya membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus SARS CoV 2 dalam penanganan pandemi di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan yang dikutip di Jakarta, Kamis, ada 853.745 orang dari total 1.461.920 orang telah melakukan vaksinasi dosis kedua, jumlah ini bertambah 28.095 orang dibandingkan pada hari sebelumnya.

Jumlah 1,4 juta orang yang divaksinasi tersebut merupakan gabungan antara tenaga kesehatan yang telah lebih dulu diimunisasi pada program vaksinasi tahap pertama sejak bulan Januari, ditambah dengan penyuntikan pada petugas pelayan publik yang mulai dilakukan sebagai program vaksinasi tahap kedua pada pertengahan Februari.

Sasaran vaksinasi untuk tenaga kesehatan di Indonesia 1.468.764 orang. Sementara total sasaran vaksinasi keseluruhan 181.554.465 penduduk atau sekitar 70 persen dari populasi Indonesia sebagai syarat untuk menciptakan kekebalan kelompok terhadap virus COVID-19.
Baca juga: Presiden janji benahi pelaksanaan vaksinasi COVID-19

Baca juga: MPR: Sistem satu data dorong transparansi pelaksanaan vaksinasi

Pemerintah telah memulai program vaksinasi COVID-19 tahap kedua pada 17 Februari 2021 lalu yang dimulai dengan pemberian imunisasi pada pedagang di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat. Setelah itu, pemerintah secara bertahap melakukan penyuntikan pada berbagai profesi yang bertugas di sektor pelayanan publik seperti ulama, wartawan, TNI-Polri, ASN dan lain-lain.

Pada hari ini, pemerintah melakukan vaksinasi massal pada wartawan dan pekerja media yang dilakukan hingga 27 Februari di Hall Basket Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Selatan.

Pemerintah juga telah melakukan vaksinasi COVID-19 secara massal bagi tokoh lintas agama yang diselenggarakan di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, Selasa (23/2). Pada hari Rabu (24/2), pemerintah kembali melakukan vaksinasi massal bagi guru dan tenaga pengajar lainnya yang dilakukan di SMAN 70 Jakarta.

Pada pekan ini juga sudah mulai dilakukan vaksinasi COVID-19 bagi para lansia di 34 provinsi Indonesia. Vaksinasi bagi para lansia diselenggarakan di seluruh kota administratif di DKI Jakarta, dan juga di setiap ibu kota 33 provinsi di seluruh Indonesia.
Baca juga: Pelaksanaan vaksinasi dan penyakit penyerta

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © OLEHKABAR 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *