12 Perusahaan Sekuritas Terbaik ,Broker Saham OJK 2021 – CryptoHarian

  • Bagikan
banner 468x60

Apakah Anda sedang mencari perusahaan sekuritas atau broker saham terbaik di Indonesia?

Apakah ada broker atau perusahaan sekuritas yang memang mengungguli semua pialang lain?

Di Indonesia sendiri, pialang yang kredibel haruslah aktif dan terdaftar sebagai anggota di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sebelum benar-benar membeli saham di perusahaan sekuritas tertentu, pastikan Anda menyelesaikan tugas Anda yaitu melakukan studi dan riset terlebih dahulu tentang broker terkait, saham yang ingin di beli, performa perusahaan saham dan lainnya.

Semua penelitian mandiri bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resmi perusahaan mereka dan mempelajari laporan keuangan, testimoni investor lain dan melihat eksistensi sosial media korporasi tersebut.

Berinvestasi saham melalui broker/sekuritas/pialang akan menjamin keamanan investor karena perusahaan tersebut telah mendapatkan lisensi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal krusial lain adalah mengenai biaya transaksi. Seperti yang kita semua ketahui, biaya transaksi masing-masing broker tidak sama.

Beberapa broker membebankan biaya 0,2 hingga 0,3 persen dari nilai total transaksi pembelian saham (sudah termasuk PPN). Meskipun demikian, untuk transaksi penjualan saham ditambah dengan PPH senilai 0,1 persen.

12 Perusahaan Sekuritas/ Broker Saham Terbaik

1. NH Korindo Sekuritas Indonesia

Perusahaan sekuritas NH Korindo memberikan investornya beberapa pilihan akun seperti day trading atau reguler.

Untuk dapat membuka akun disini, Anda harus melakukan deposit Rp5 juta dan dengan demikian bisa bergabung di pasar saham.

Broker NH Korindo mempunyai program bernama ‘member get member’, ini berarti jika nasabah lama berhasil membawa nasabah baru, perusahaan akan memberi komisi kepada nasabah pemberi referral sebanyak satu persen dari deposit awal.

2. Mandiri Sekuritas

Mandiri sekuritas merupakan broker saham unggulan di tanah air. Anak perusahaan dari Bank Mandiri ini menawarkan tiga opsi akun yang bisa digunakan oleh investor yaitu akun Syariah, full service dan reguler.

Perusahaan Sekuritas ini memberikan fee trading sebesar 0,28 persen per transaksi dengan biaya tambahan sebesar Rp5 ribu per hari. Pada sisi lain, untuk biaya pembelian saham, Mandiri Sekuritas mengenakan biaya sebesar 0,18 persen per transaksi dengan tambahan biaya Rp5 ribu per hari.

Dengan nilai total transaksi sebesar Rp334,7 triliun sepanjang tahun 2019, Mandiri sekuritas menduduki peringkat nomor satu di Bloomberg League Table yang telah mampu menguasai pasar sebesar 7,6 persen dari total saham BEI. Perusahaan ini menjadi satu-satunya pialang Indonesia yang menjadi pemain aktif di kawasan Asia.

Mandiri Sekuritas Online Trading dikenal ramah investor ritel karena aplikasinya yang mudah dioperasikan. Berikut adalah keuntungan memilih sekuritas Mandiri:

  • Fasilitas training online tersedia
  • Sekuritas BUMN terbesar dan sangat aktif
  • Pendaftaran online menggunakan eKTP, foto diri dan NPWP
  • Menyediakan instrument investasi pasar modal yang lengkap
  • Biaya jual saham 0,28 persen dan biaya beli saham 0,18 persen (minimal Rp5000 per hari)/

3. IndoPremier

Broker saham yang satu ini sudah sangat terkenal karena selain aman, modal awal yang diperlukan bagi Anda untuk berinvestasi tidaklah besar alias ramah kantong. Hanya dengan Rp100 ribu saja, Anda bisa membuka akun trading saham di IndoPremier dan langsung berdagang di pasar.

Performa mereka sudah sangat terbukti di berbagai sektor mulai dari infrastruktur hingga pertanian. Di sepanjang tahun 2019, nilai transaksi sekuritas IndoPremier adalah sekitar Rp138 triliun.

Dengan nominal tersebut, Anda dapat mengetahui bahwa pialang ini layak dipertimbangkan untuk menjadi partner broker Anda. Berikut adalah keuntungan perusahaan sekuritas IndoPremier:

  • Fitur lengkap
  • Jual-beli reksadana, saham dan IPO
  • Pembukaan rekening hanya memerlukan KTP
  • Biaya jual saham 0,29 persen dan biaya beli saham 0,19 persen.

4. Mirae Asset Sekuritas

Broker saham yang satu ini tidak mengenakan biaya pemeliharaan untuk semua jenis akun maupun batasan minimal transfer untuk deposit selanjutnya. Hal tersebut sangat membantu para calon investor.

Perushaan sekuritas-Miare Asset mempunyai nilai total transaksi sebesar Rp200 triliun dan menyediakan berbagai opsi akun trading seperti margin, reguler, Syariah dan day trading.

Tidak hanya saham, Miare Asset Sekuritas menawarkan berbagai instrument keuangan lain seperti Maxfund dan investasi perbankan. Sekuritas yang merupakan bagian dari bisnis Global Mirae Asset Daewoo Group ini memiliki 25 kantor Pendidikan dan galeri yang bertujuan mengedukasi nasabahnya.

Perusahaan ini juga sangat menjangkau masyarakat Indonesia yang luas dan mempunyai layanan pelanggan yang unggul.

Mereka memberikan pelayanan customer service selama 24/7. Oleh karenanya, jika Anda menghadapi kesulitan dan kendala, maka layanan customer service Mirae Asset akan siaga menolong Anda kapan saja.

Berikut adalah manfaat dari memilih Mirae Asset Sekuritas:

  • Tidak ada biaya administrasi bulanan
  • Layanan nasabah terbaik
  • Informasi investasi yang sangat akurat
  • Biaya jual saham 0,25 persen dan biaya beli saham 0,15 persen

5. Trimegah Sekuritas

Sekuritas Trimegah ini pernah meraih penghargaan Bes Listed Company 2017 untuk sektor Sekuritas dan Reksadana yang diselenggarakan oleh majalah Investor.

Masih dalam kategori yang sama, Trimega Sekuritas juga pernah mendapatkan penghargaan dari Indonesia Digital Innovation Award 2017.

Masih banyak penghargaan lain yang sudah mereka raih, dan hal ini membuat perusahaan Trimegah mencuri perhatian khalayak ramai. Total nilai transaksi mereka mencapai Rp80 triliun sepanjang tahun 2019.

Perusahaan sekuritas tersebut menawarkan varian produk dan jasa yang lengkap dari equity trading, fixed income trading, investment trading, trimegah investment app, mutual funds selling agent dan transaction financing.

Manfaat berinvestasi dengan Trimegah sekuritas adalah sebagai berikut:

  • Platform star (desktop, asplikasi dan website)
  • Biaya transaksi beli 0,18 persen dan jual 0,28 persen
  • Setoran awal hanya Rp100 ribu

6. Sinarmas Sekuritas

Pada sepanjang tahun 2019 silam, perusahaan sekuritas Sinarmas berhasil mengamankan transaksi senilai Rp106 triliun. Perusahaan ini pada awalnya didirikan di tahun 1998 dengan nama PT Sinarmas Ekagraha Money Changer – dan mereka mempunyai hampir semua saham milik Sinar Mas Multiartha Tbk.

Saat awal baru berdiri, Broker saham tersebut hanya berfokus pada sektor valuta asing (foreign exchange), traveller cheque dan surat berharga lainnya. Namun seiring berlalunya waktu, mereka merubah nama menjadi Sinarmas Sekuritas dan lebih berkonsentrasi kepada perantara pedagang efek.

Saat ini, Sinarmas Sekuritas berkolaborasi bersama Stockbit – ini menambahkan nilai spesial dan meningkatkan nilai jual mereka daripada competitor lainnya.

7. StockBit

Pada awalnya, Stockbit adalah platform sosial analisis saham yang terintegrasi untuk membantu investor memahami pasar saham dan mengurangi risiko kegagalan.

Layanan mereka dikemas dengan sistem berlangganan premium yang terdiri dari empat layanan utama yaitu Social, Analytics, Stock Screener dan Charbit.

Saat ini mereka sudah berkembang menjadi aplikasi investasi saham dengan tambahan fitur lama seperti tempat berdiskusi dan analisa. Perusahaan sekuritas yang satu ini mempunyai aplikasi yang didesain khusus untuk investor millennial. Sekarang, Anda dapat berinvestasi saham blue chip dengan mudah.

Investasi saham saat ini tidak lagi terbatas untuk kalangan atas, oleh karenanya, Stockbit memberikan data finansial dan fitur kelas professional guna mendukung investasi semua penggunanya.

Berikut adalah keuntungan berinvestasi di Stockbit:

  • Biaya jual saham 0,25 persen dan biaya beli saham 0,15 persen
  • Dilengkapi fitur yang mendukung
  • Setoran awal minimal Rp500 ribu untuk akun biasa dan Rp5 juta untuk akun Stockbit Pro
  • Informasi keuangan disajikan dengan baik dan mudah
  • Terdapat forum diskusi investor dan nasabah

8. BNI Sekuritas (BIONS)

Perusahaan sekuritas BNI sudah berdiri sejak tahun 1995 dan mereka sangat aktif beroperasi di bidang pasar modal dari jual beli saham, pengelolaan investasi perbankan, surat utang hingga pengelolaan aset yang memiliki lisensi Usaha Perusahaan Efek.

BNI Sekuritas menawarkan dua jenis akun yaitu Syariah dan konvensional dengan syarat serta ketentuan dari kedua jenis akun tersebut yang tidak sama. Jika Anda ingin membuka akun Syariah, maka secara otomatis akan mendapatkan akun konvensional, namun tidak berlaku sebaliknya.

Perusahaan sekuritas yang satu ini mempunyai nilai total transaksi sekitar Rp77 triliun sepanjang tahun 2019 silam. Sekuritas milik bank BUMN plat merah ini mempunyai keuntungan sebagai berikut:

  • Layanan online: biaya beli saham 0,17 persen dan biaya jual saham 0,27 persen
  • Layanan hybrid: biaya beli saham 0,25 persen dan biaya jual saham 0,35 persen
  • Tersedia layanan hybrid dan online
  • Biaya transaksi reksadana dan EBA ritel gratis

9. Phillip Sekuritas Indonesia

Perusahaan sekuritas ini berdiri pada tahun 1989 dan merupakan sekuritas kredibel di BEI. Phillip Sekuritas Indonesia adalah bagian dari PhillipCapital Group.

Sejak tahun 1975, PhillipCapital sudah berkembang menjadi Lembaga keuangan Asia yang terintegrasi dan menawarkan layanan inovatid untuk pelanggan ritel, korporasi dan institusi.

Untuk investasi saham dan reksa dana online, mereka menyediakan software bernama POEMS (Phillip’s Online Electronic Mart System) sebagai komitmen dalam memberikan layanan terbaik. Pada tahun 2015, perusahaan mereka diakui sebagai pemenang dari Online Trading Terbaik oleh majalah Investor dan Beritasatu.com.

10. Ajaib Sekuritas

Perusahaan sekuritas Ajaib termasuk perusahaan baru yang tergabung dalam Ajaib Group – satu group dengan Ajaib Reksadana. Pada aplikasi mobile mereka, Ajaib menawarkan opsi investasi saham dan investasi reksadana dalam satu aplikasi.

Hal ini tentu memberikan kenyamanan untuk investor, sehingga kita tidak perlu menggunakan banyak aplikasi saat ingin berinvestasi pada dua instrument tersebut.

Keuntungan dari memilih Ajaib Sekuritas adalah sebagai berikut:

  • Interfacenya yang user friendly
  • Biaya jual saham 0,10 persen (<Rp150 juta), 0,09 persen (Rp150 juta – Rp1,5 miliar), 0,08 persen (>Rp1,5 miliar)
  • Biaya beli saham 0,10 persen (<Rp150 juta), 0,09 persen (Rp150 juta – Rp1,5 miliar), 0,08 persen (>Rp1,5 miliar).
  • Pembukaan rekening hanya memerlukan eKTP
  • Tidak ada setoran minimum
  • Dua instrumen investasi tersedia dalam satu aplikasi saja

11. CIMB Sekuritas Indonesia

CGS-CIMB adalah korporasi yang terbentuk secara Joint Venture (JV) dengan struktur kepemilikan yang sama antara China Galaxy International Financial Limited, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki China Galaxy Securities Co., Ltd (CGS) dan CIMB Group Sdn Bhd (CIMB).

Di Indonesia, CGS-CIMB dikenal dengan nama PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia. Dengan JV tersebut, perusahaan sekuritas ini melakukan ekspansi cabang dan mitra mereka di lebih dari 20 negara dan kantor cabangnya di tanah air sendiri sudah tersedia di delapan kota besar.

Penghargaan yang sudah diraih adalah 2020’s Best Institutional Broker Indonesia dan Best retailer broker Indonesia yang diberikan oleh 14th Annual Alpha South East Asia. Selain itu masih banyak penghargaan lainnya.

Manfaat yang akan Anda peroleh dengan berinvestasi Bersama CGS CIMB sekuritas adalah:

  • Proses buka akun yang cepat dan mudah (bisa rampung satu hari)
  • Aplikasi trading bisa melalui semua platform yaitu desktop, mobile dan web browser. Selain itu aplikasi bisa dijalankan di semua OS seperti Android, Windows dan iOS.
  • Pilihan rekening dana nasabah ada tiga yaitu BCA, CIMB Niaga dan Bank Mandiri.
  • Terdapat fitur Smart order (stop loss dan take profit)
  • Spesifikasi dan fitur memadai seperti advanced chart, stock screener dan heat map.
  • Deposit awal untuk akun online trading Rp1 juta.
  • Biaya transaksi beli 0,18 persen dan jual 0,28 persen

12. Maybank Sekuritas

Perusahaan sekuritas populer ini sudah berdiri sejak tahun 1990 dengan nama PT KES Sinar Mas Securities. Seiring akuisisi kepemilikan saham oleh Maybank pada tahun 2013, nama perseroan diubah menjadi PT Maybank Kim Eng Securities.

Maybank sekuritas mempunyai area usaha sebagai penjamin emisi dan perantara trader efek. Mereka menawarkan layanan perantara untuk klien lokal dan internasional, baik institusi maupun ritel. Produk dan layanan Maybank Sekuritas sangat bervarias dari saham, fund raising, advisory, margin financing, fixed income dan repo financing.

Selain itu, Maybank sekuritas juga befungsi sebagai penasihat untuk transaksi modal.

Maybank telah mendapatkan penghargaan dari beberapa platform internasional dan salah satunya adalah Best Broker in Southeast Asia oleh Alpha Southeast Asia, yang didapatkan berturut-turut dari tahun 2007 hingga 2016.

Keunggulan yang bisa didapatkan dengan investasi bersama mereka adalah sebagai berikut:

  • Tarif fleksibel, namun tetap kompetitif dan tidak mengurangi kualitas
  • Jaringan luas mencakupi 11 negara dengan kantor cabang yang banyak di Indonesia (lebih dari 70 cabang)
  • Tim riset khusus yang piawai dalam menganalisis pasar dan kinerja perusahaan
  • Tersedia trading Syariah

Kriteria Perusahaan Sekuritas yang Aman

  • Terdaftar sebagai anggota di OJK dan BEI. Anda bisa memeriksa langsung di laman idx.xo.id
  • Gunakan broker yang dimiliki pemerintah (broker plat merah) untuk menjamin keamanan ekstra
  • Merupakan perusahaan resmi
  • Memiliki jumlah member yang banyak
  • Pialang saham terbaik memberikan komisi/fee pada transaksi jual beli yang lebih mahal, (namun tidak berarti broker saham yang mempunyai fee transaksi rendah tidak bagus, ada faktor lain seperti jumlah transaksi, lama berdirinya dan track record).
  • Pelajari dengan cermat jumlah setoran awal yang harus diberikan
  • Mencari tahu apakah broker saham menyediakan data real time atau tidak
  • Kelengkapan fitur yang memadai seperti kelengkapan indiaktor analisis teknikal, informasi keuangan, berita, riset saham dan lainnya.
  • Menyediakan fitur stop loss atau trailing stops, untuk mengurangi risiko.

Tips memilih Broker Saham Terbaik

  • Jangan cepat terbuai dengan broker yang menjanjikan promosi serta bonus yang terdengar terlalu sempurna dan indah.
  • Periksa legalitas dan regulasi setiap broker untuk keselamatan dan keamanan Anda sendiri. Perlu diperhatikan bahwa khusus broker forex dalam negeri yang resmi pasti teregulasi BAPPEBTI.
  • Sebisa mungkin carilah review, feedback serta komentar dari klien yang sudah pernah menggunakan jasa broker tertentu. Dengan demikian Anda bisa mengetahui kinerja, performa dan track record dari broker spesifik.
  • Baca berita seputar saham untuk melakukan pencocokan data dan informasi seputar broker dan kinerja mereka.
  • Pelajari detil dari broker-broker. Jangan lupa untuk membandingkan profil boker dari perusahaan tertentu dengan broker lain dari perusahaan luar.

Komentar

Usai sudah pembahasan kami kali ini mengenai broker saham terbaik di tanah air. Semoga bermanfaat dan salam sukses untuk Anda semua.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *