12 Cara Memulai Bisnis Travel (Travel Agent) – CryptoHarian

  • Bagikan

Memulai bisnis travel kerap menjadi pilihan favorit banyak orang di tanah air. Mengapa demikian? Seperti yang kita ketahui, penggunaan akomodasi udara semakin meningkat.

Waktu tempuh yang singkat, kenyamanan dan harga yang terjangkau menjadi alasan pesawat terbang digemari semua kalangan masyarakat.

Karena permintaan untuk tiket pesawat terbang kian melonjak, banyak pebisnis yang melihatnya sebagai peluang usaha fantastis.

Agen tiker (Travel Agent) harus memberikan kemudahan dalam mendapatkan tiket sesuai keinginan pelanggan. Sekarang, siapapun bisa memesan tiket pesawat, memilih kursi duduk di pesawat, memesan tiket untuk beberapa bulan kedepan dengan kenyamanan penggunaan satu aplikasi dan koneksi internet saja.

Untuk Anda yang ingin menjadi agen tiket (Travel Agent) maskapai penerbangan, berikut adalah panduan praktis yang bisa langsung dipraktekkan.

1. Persiapan Mendasar

Cara travel agent menjual tiket pesawat tentu sudah berbeda dari dekade yang lampau. Dengan kehadiran internet, tiket dialihkan dalam bentuk digital atau elektronik sehingga dinamakan electronic ticket (e-ticket).

Pada tahun 2009, IATA memberi mandat kepada anggota mereka untuk beralih kepada transaksi e-ticket yang bisa dipesan secara online. Oleh karena itu, jika ingin menjadi agen penjual tiket maskapai, Anda akan berfokus pada penjualan online.

2. Fasilitas Teknis

Selayaknya bisnis lain pada umumnya, Anda memerlukan komitmen, modal dan perencanaan bisnis yang baik. Sediakan fasilitas penunjang seperti perangkat komputer/laptop dan koneksi internet.

Bisnis ini dijalankan secara online dan oleh karenanya, Anda membutuhkan sambungan internet.

Anda dapat menyediakan tambahan sistem reservasi online 24 jam. Perlu diketahui bahwa tidak semua maskapai mengijinkan mitra memasuki sistem reservasi online mereka – ini berarti terkadang kita harus membuat sistem reservasi online sendiri (cara ini mengacu pada travel agent resmi dan tentu memerlukan biaya besar).

Anda memerlukan aplikasi software untuk mempermudah penjualan. Master agen tiket online perlu diinstal di computer Anda. Dengan aplikasi tersebut, koordinasi pemesanan serta penjualan tiket lebih mudah dikelola.

Data yang akurat dan kenyamanan adalah prinsip krusial dalam penjualan tiket pesawat. Pastikan Anda selalu update dengan harga terbaru dari tiket maskapai, ketersediaan tempat duduk dan jadwal penerbangan.

Informasi seperti diatas sangat penting untuk menyajikan informasi dan data akurat kepada pelanggan.

3. Bekerjasama dengan Maskapai Penerbangan

Jika Anda merupakan agen yang mempunyai perusahaan besar, pertimbangkan opsi yang satu ini. Bekerjasama dengan maskapai penerbangan adalah cara membangun usaha penjualan tiket pesawat yang aman dan lebih terjamin.

Meskipun demikian, Anda membutuhkan modal yang banyak. Agen resmi dari pesawat terbang mengharuskan Anda melakukan deposit uang minimal Rp10 juta pada setiap maskapai penerbangan yang ingin diajak bekerjasama. Dan perlu diketahui juga tidak semua agen bisa mendapatkan kesempatan bekerjasama secara langsung dengan maskapai penerbangan.

Agen yang mempunyai peluang disini hanyalah mereka yang usahanya berbadan CV, PT, dan lain-lain. Sebagai contoh, jika Anda ingin bekerjasama secara langsung dengan maskapai penerbangan Garuda, maka perlu mempersiapkan dokumen dan surat persyaratan yang diminta.

Beberapa surat itu adalah perijinan badan usaha yang meliputi TDP, SIUP, NPWP dan lainnya. Untuk menjadi agen resmi tiket pesawat secara langsung sangat sulit – namun jika Anda bisa meraihnya, Anda bisa mendapatkan keuntungan tambahan.

Salah satu keuntungannya adalah potongan harga ketika memesan tiket. Potongan harganya sangat besar sebab Anda bisa menjual kembali tiket dengan harga normal atau bahkan lebih murah dari agen pesawat yang lain.

Dengan menjual tiket pesawat lebih murah, kemungkinannya pelanggan yang setia menjadi bertambah karena siapa yang tidak suka tiket pesawat murah?

Selain itu, agen yang bekerjasama langsung dengan pihak maskapai bisa mendapatkan infotmasi bermanfaat untuk usaha mereka seperti promo tiket pesawat ataupun daftar tiket pesawat.

4. Bekerjasama dengan Agen Tiket Pesawat

Jika bekerjasama dengan pihak maskapai terlihat tidak mungkin dan sulit, Anda bisa mencari agen tiket pesawat dan menjadi sub-agen.

Menjadi sub-agen adalah pilihan terbaik bagi pemula yang baru ingin berjualan namun tidak mempunyai pendanaan yang cukup serta bisnis yang dimiliki belum berskala badan usaha.

Sub-agen tiket pesawat adalah usaha yang menyediakan pemesanan dan penjualan tiket pesawat meskipun tidak bekerjasama dengan maskapai – mereka tetap tergolong resmi karena mempunyai ikatan kerjasama langsung dengan maskapai penerbangan.

Modal minimum yang diperlukan untuk menjadi sub-agen adalah Rp2 juta. Dengan menjadi sub-agen, Anda dapat menerima keuntungan berupa komisi atau informasi mengenai penerbangan yang bermanfaat untuk mendapatkan konsumen.

Jika Anda berniat mendaftar sebagai sub-agen, pastikan biro tiket penerbangan tersebut mempunyai rekam jejak yang baik.

Anda harus piawai memilih biro tiket pesawat terbang yang terbukti memberikan harga tiket dan pelayanan terbaik.

Saat ini ada beberapa agen tiket pesawat yang menawarkan sistem penjualan tiket online dengan biaya pendaftaran miring seperti Rp100 ribu hingga Rp300 ribu. Ketahuilah bahwa tawaran itu tidak tepat – ia akan lebih sesuai untuk seorang marketer internet.

Mengapa demikian? Karena hampir 90 persen penjualan tiket tidak pernah terjadi hanya karena mengharapkan anggota baru mendaftar di bawah jaringan Anda.

Penjualan tiket demikian bukanlah usaha riil, ia hanyalah afiliasi MLM yang berkedok penjualan tiket maskapai.

5. Mengikuti Program Afiliasi Maskapai

Pada poin sebelumnya kami mengatakan untuk lebih waspada terhadap afiliasi MLM yang menyerupai agen tiket pesawat.

Namun, jika Anda dapat menemukan program afiliasi maskapai yang kredibel – maka tidak ada salahnya.

Beberapa brand internasional seperti Wego, Skyscanner, Momondo dan Travelpayouts merupakan nama-nama terpercaya yang bisa dijadikan patokan.

Mereka memberikan komisi yang baik dan cukup berpotensi untuk pendatang baru, webmaster maupun advertiser yang sudah berpengalaman.

Ada banyak sekali program afiliasi travel online diluar sana, jadi ini menjadi tugas penting untuk bisa memilih dengan rekan yang baik. Nama-nama program afiliasi diatas menggunakan meta-search technology untuk menyediakan konsumen dengan harga tiket yang paling murah.

Dalam membandingkan beberapa program afiliasi, pastikan Anda memperhatikan pengalaman seperti: conversion rates, mencoba beberapa format iklan dan metode pemasaran.

Selalu lakukan evaluasi terhadap persyaratan dan kondisi yang diberikan masing-masing program untuk memahami pro dan kontra dari penawaran mereka.

6. Menjadi Agen Tiket Pesawat Tanpa Modal

Belakangan banyak waralaba yang membuka kesempatan untuk bergabung menjadi anggota dari agen penjual tiket pesawat.

Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung, perhatikan persyaratan mereka.

Saran dari kami adalah, mencari waralaba yang memberikan syarat masuk akal, dan perhatikan skala tiket yang dijual, apakah tiket domestik, internasional atau keduanya.

Kemudian, pelajari cara penjualan disana, apakah agen menggunakan sistem tiket pesawat online atau masih manual. Selalu pilih usaha penjualan tiket pesawat yang menggunakan sistem informasi penjualan tiket pesawat.

Jika agen spesifik memenuhi kualifikasi, barulah Anda lanjutkan ke tahap pendaftaran. Dengan menggunakan sistem pemesanan tiket pesawat online, ini memungkinkan Anda melakukan transaksi secara real time dan tidak ada jeda waktu sehingga prosesnya tidak lama.

Sistem pemesanan tiket pesawat online juga sangat nyaman, bisa digunakan oleh Anda dimana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet.

7. Perihal Legalitas

Persyaratan penting untuk menyelam di industri penjualan tiket maskapai ini adalah, Anda harus bisa memenuhi dua persyaratan penting, yaitu mempunyai izin Perseroan Terbatas (PT) dan memiliki sertifikat keanggotaan Asita (Asosiasi Pariwisata Indonesia).

Hal ini berlaku untuk mereka yang ingin menjadi agen tiket pesawat.

Jika telah memiliki kedua persyaratan itu, maka status Anda sebagai agen maskapai penerbangan sudah disetujui, alias Anda sudah bisa berjualan tiket pesawat. Pada umumnya, Anda dapat menjual tiket dari seluruh maskapai.

Pihak penerbangan akan memberikan dua jenis tiket yang bisa dijual; yaitu tiket fisik dan tiket non-fisik (e-ticket). Untuk e-ticket, Anda harus melakukan deposit minimal Rp5 juta.

Kemudian deposit tersebut langsung dikurangi dengan nominal pembelian tiket yang dilakukan.

Untuk pembelian tiket fisik, jaminan yang harus diberikan adalah sebesar Rp500 ribu per tiket. Minimum pembeliannya adalah 10 tiket dengan catatan jaminan tersebut bisa Anda ambil Kembali dengan mengembalikan tiket fisik yang sudah diambil.

8. Memeriksa Harga Tiket

Harga tiket pesawat dapat berubah sewaktu-waktu. Seorang agen yang baik harus melakukan pemeriksaan tiket secara berkala.

Lakukan pemeriksaan harga tiket pesawat sekali sehari atau dua hari sekali.

Pemeriksaan rutin ini akan mendatangkan Anda pemahaman akan harga tiket yang fluktuatif. Sebagai contoh, jika mendekati hari perayaan besar dan musim liburan, harga tiket akan mengalami kenaikan.

Pengetahuan mendasar seperti itu akan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai agen atau sub-agen tiket maskapai jika ada pelanggan yang menanyakan informasi secara mendadak, dan Anda bisa langsung memberikan informasi yang sudah dikuasai.

9. Merekrut Karyawan

Jika Anda berhasil membangun bisnis agen sendiri dan mampu mengamankan pemasukan yang mantap, maka sangat disarankan untuk memperkerjakan karyawan sesuai keperluan.

Jika penjualan membludak dan Anda tidak bisa mengerjakan semua tugas sendiri, karyawan akan membantu tugas pengelolaan reservasi dan operasional.

Pada umumnya, banyak agen yang merekrut dua karyawan untuk bertanggung jawab langsung dengan pembeli atau calon pembeli. Untuk bagian operasional usaha satu karyawan saja sudah cukup.

Anda juga harus memberikan pelatihan kepada karyawan tentang seluk beluk bisnis terkait agar nantinya mereka bisa melayani pelanggan dengan seksama.

Promosi bisa dilakukan dengan metode yang bervariasi. Anda bisa memanfaatkan internet advertisement (SEO, content marketing, endorsement, dll) atau secara offline.

Apapun pilihannya, pastikan Anda mengelolanya dengan maksimal agar tidak terjadi pemborosan anggaran. Dengan promosi yang tepat dan efisien, meraih penjualan tiket pesawat yang sehat bukanlah impian belaka.

Tanpa promosi, keberadaan usaha Anda tidak bisa diketahui oleh pelanggan. Jika tidak ada orang yang mengenal usaha Anda, maka perkembangan bisnis akan menjadi lambat dan macet.

Belakangan pihak dari maskapai penerbangan sendiri gencar memberikan promosi. Sebagai agen atau sub-agen tiket pesawat, Anda dapat bergiat untuk mengetahui tentang perihal promosi agar bisa segera mengabarkannya kepada pelanggan.

Pada umumnya, hampir semua orang menyukai promosi dan ini akan berdampak baik untuk bisnis Anda juga.

11. Mengikuti Komunitas

Jaringan luas dengan berbagai kolega bisnis akan membuka kesempatan baru yang baik. Jadi jangan menutup koneksi, dan selalu aktif di komunitas tertentu yang akan membuka wawasan dan kesempatan usaha Anda.

Dengan mengikuti komunitas tertentu, Anda juga mempunyai kesempatan untuk mempelajari keluh-kesal pelanggan, preferensi, opini dan pandangan mereka terhadap layanan maupun maskapai tertentu. Dengan demikian, Anda dapat selalu meningkatkan layanan bisnis pribadi.

Untuk komunitas online, adalah baik jika Anda bisa ikut berkontribusi dengan melakukan diskusi, atau sekedar menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pengguna lain. Anda dapat memberikan edukasi di forum-forum.

Membagikan pengalaman dan pengetahuan baru mengenai bisnis ini dapat membangkitkan kepercayaan pembaca terhadap Anda.

Memperlakukan pelanggan sebagai rekan bukan hanya konsumen, akan membuat tindakan Anda berubah dan menjadi pengusaha yang lebih brilian.

12. Kolaborasi dengan Pihak Lainnya

Tips yang satu ini sangat penting, Anda harus dapat menjalin kerjasama yang baik dengan pihak lain. ‘Pihak lain’ bermakna tempat kunjungan yang berkaitan seperti rumah penginapan, hotel, tempat makan (restoran), tempat wisata, tempat hiburan, pusat perbelanjaan, penyewaan transportasi (mobil, motor, supir) dan lainnya.

Jika kerjasama yang tepat bisa terjalin dengan seimbang, maka kedua belah pihak dapat menghasilkan keuntungan dan Anda tentu menambah koneksi baru yang semakin luas.

Dengan koneksi yang semakin banyak, bisnis travel tiket pesawat Anda akan direkomendasikan dan ini bisa menambah penjualan.

13. Berjiwa Pengusaha

Pada awal merintis, usaha Anda tidak akan langsung mendatangkan penjualan tiket yang berlimpah.

Ini dimana jiwa pengusaha Anda akan diuji, pastikan untuk berupaya tentang berbagai aspek bisnis dari pemasaran, pengelolaan, promosi, koneksi dan sistem – apapun itu, identifikasikan apa yang harus ditingkatkan atau diubah untuk meraih masa depan bisnis yang lebih baik.

Keuntungan Berjualan Tiket Pesawat

Bisnis yang cukup menjanjikan saat ini adalah sektor travel dan tiket. Terlebih lagi, pada era digital sekarang, kemudahan dalam mendapatkan sebuah tiket bukanlah hal yang mustahil.

Perkembangan teknologi telah memberikan kenyamanan dalam transaksi jual-beli tiket pesawat.

Lantas apa saja keuntungan yang bisa didapatkan jika seseorang menggeluti bisnis jual tiket pesawat? Berikut adalah ringkasannya:

Dengan sistem aplikasi online, Anda sebagai pebisnis tiket dan travel bisa mengelolanya dengan mudah. Kebanyakan agensi network akan menyediakan training dan tutorial lengkap untuk mengedukasi agen dan sub-agen mereka.

Tidak diperlukan kursus coding (pemrograman) disini untuk menggunakan sistem aplikasi onine. Fitur mereka sangat lengkap dan user friendly.

Khusus untuk pengguna sistem aplikasi online, Anda akan menghemat banyak modal karena dengan menggunakan sistem aplikasi, investasi awal yang diperlukan hanyalah computer/smartphone dan koneksi internet.

Dengan menggunakan sistem aplikasi online (misalnya VAN dari travelagent.co.id), travel agent cukup memberikan kode reservasi ke calon penumpang.

Bagaimana cara menggunakan e-ticket yang terkirim ke inbox email? Pertama Anda membuka attachment file e-ticket, kemudian print e-ticket sebagai bukti dokumen dan pada hari keberangkatan, bawalah e-ticket ke bandara untuk check-in.

Usaha ini termasuk bisnis yang akan menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Modal awalnya kecil dan waktu kerjanya juga fleksibel. Selain itu pengguna jasa transportasi udara juga kerap meningkat.

Komentar

Usai sudah pembahasan kami mengenai topik berjualan tiket pesawat. Bisnis ini memang sedang dilirik banyak pengusaha lokal, meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri kompetisinya juga mulai meningkat meskipun tidak sebanyak sektor kuliner.

Meskipun demikian, rezeki masing-masing orang tidaklah sama. Jadi bisa jadi Anda akan berhasil di sektor ini. Pada akhirnya kami hanya berharap yang terbaik untuk para pembaca. Salam hangat dan sukses untuk kita semua.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *