Home
You Are Here: Home » Berita » Waspada, Cuaca Ekstrim akan Melanda Jambi hingga Akhir Mei

Waspada, Cuaca Ekstrim akan Melanda Jambi hingga Akhir Mei

Bagikan Artikel Ini!




BMKG Jambi memperkirakan bahwa cuaca ekstrim akan melanda daerah tersebut hingga akhir Mei mendatang. Foto:

Olehkabar.com, JAMBI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan cuaca ekstrim masih melanda Jambi. Hujan deras disertai angin kencang dan petir akan terus terjadi ketika sore dan malam hari.

Cuaca ekstrim terjadi karena saat ini merupakan masa peralihan musim dari musim penghujan ke musim kemarau.

“Potensi cuaca ekstrim lebih berpeluang di masa transisi ini,” kata Octa Irawan, Prakirawan Cuaca BMKG, kepada Jambi Unbiased (Jawa Pos Team) kemarin (four/five).








Cuaca ekstrim ini berpotensi di seluruh wilayah dalam Provinsi Jambi. “Jika siang panas, sore hujan disertai angin kencang dan petir,” ujarnya.

Bukan hanya itu saja, potensi angin puting beliung dan longsor juga cukup tinggi. Longsor sangat berpotensi di wilayah Barat Provinsi Jambi.

“Potensi longsor di wilayah perbukitan. Banjir masih juga berpotensi. Kalau hujan deras bisa berdampak pada genangan di sejumlah wilayah,” tuturnya.

Puting beliung berpotensi terjadi saat awan gelap cendrung rendah. Peralihan musim ini diperkirakan akan berakhir hingga awal Juni nanti. Setelah itu akan masuk musim kemarau. “Akhir Mei sudah mulai awal kemarau. Oktober sudah masuk musim hujan lagi,” sebutnya.

Pada masa taransisi ini, masyarakat harus waspada petir, meskipun hujannya ringan, petir selalu ada. Untuk gelombang di perairan timur masih nomal dengan ketinggian zero,2-1 meter.







Bagikan Artikel Ini!

Komentar Via Facebook

© 2017 All rights Reserved Oleh Kabar

LinkedIn Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Scroll to top